Tips Sehat Agar Tetap Nyaman Konsumsi Daging Kambing

Pin on Festivals and Fun

“Memang, daging kambing kaya akan kandungan nutrisi, tetapi juga merupakan sumber lemak jenuh.”

Kuliner – Daging kambing menjadi salah satu sajian khas hari raya Idul Adha. Seperti diketahui, hari raya umat Islam yang satu ini memang dilakukan dengan memotong hewan kurban, seperti kambing, sapi, dan domba.

Selepas acara pemotongan hewan kurban, perayaan dilanjutkan dengan mengolah daging.

Sajian daging kambing memang enak rasanya namun tapi terkadang, banyak orang yang mendengar namanya saja bisa membuat jadi was-was saat menyantapnya.

Penyebabnya tak lain karena stigma daging kambing sebagai pemicu munculnya masalah dengan kolesterol, hipertensi, atau asam urat.

Namun sebenarnya, Anda tak perlu merasa takut dan pantang menyantap. Banyak ahli yang sudah menyebut bahwa mengonsumsi daging kambing tidaklah menjadi sebuah masalah, asal sesuai dengan kaedah tertentu.

Lantas, apa yang harus dilakukan?

Tips Sehat Mengolah Daging Kambing 

Pada dasarnya, daging kambing merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan gizi. Ini mungkin bisa menjadi kabar baik bagi pencinta kambing.

Dalam 100 gram kambing, setidaknya ada sekitar 150 kalori, 27 gram protein, serta 15 gram lemak. Jenis makanan ini juga kaya akan kandungan kalium, vitamin B12, zat besi, magnesium, selenium, serta omega-3.

Baca juga: Berbagai Manfaat Bisa Didapat Dari Konsumsi Jahe Secara Rutin

Meski begitu, sisi lain dari makanan ini tetap harus diperhatikan. Memang, daging kambing kaya akan kandungan nutrisi, tetapi juga merupakan sumber lemak jenuh. Makanan ini juga bisa meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol di dalam darah. Maka dari itu, jumlah asupan atau konsumsi daging ini perlu dibatasi.

Menurunkan Risiko Penyakit 

Selain membatasi jumlah daging yang dikonsumsi, cara mengolah dan memasak makanan ini juga harus diperhatikan. Ada beberapa hal penting serta tips agar tetap nyaman konsumsi daging kambing, di antaranya:

  • Porsi yang Pas 

Berlebihan mengonsumsi makanan ini disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui porsi yang pas.

Cara Sehat Konsumsi Daging Kambing Saat Idul Adha

Agar terhindar dari risiko penyakit, konsumsi daging kambing atau daging merah lainnya disarankan sebanyak 1-2 porsi dalam seminggu. Pastikan juga untuk memilih daging yang segar dan bersih.

  • Perbandingan Nutrisi 

Mengonsumsi makanan ini memang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, bukan berarti harus dikonsumsi secara berlebihan. Biar tubuh tetap nyaman dan tidak memicu penyakit, penting untuk mengetahui perbandingan nutrisi makanan, sehingga tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Dalam 100 gram daging kambing matang terdapat 75 mg kolesterol. Namun, jumlah ini cenderung lebih sedikit dibandingkan dada ayam (85 mg kolesterol) dan daging sapi sirloin (90 mg kolesterol).

  • Mengolah dengan Tepat 

Penting juga untuk mengetahui cara mengolah dan memasak daging dengan tepat. Jangan menggoreng kambing, sebab proses masak ini bisa menambahkan kadar lemak pada daging.

Sebagai gantinya, cobalah untuk mengolah daging dengan cara dibakar, dipanggang, disatai, atau dibuat sup. Pastikan juga untuk membuang lemak pada daging sebelum mengolahnya.

  • Lengkapi dengan Sayuran 

Ingin Makan Daging Kurban Tanpa Rasa Bersalah? Catat 4 Tips Ini - Bagian 2  - HiMedik.com

Jika tujuannya untuk menyantap daging kambing tanpa takut kolesterol naik, coba barengi dengan konsumsi sayuran dan buah. Selain baik untuk mencukupi asupan serat, jenis makanan ini juga bisa melancarkan pencernaan dan mengurangi penyerapan kolesterol dari daging.

Check Also

9 Makanan yang Harus Dihindari oleh Pengidap Darah Tinggi

  Metrobanten, Kesehatan – Mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi memang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup