6 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Buka Puasa

6 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Buka Puasa
Berbuka puasa dengan yang manis sebenarnya diperlukan untuk mengganti energi kamu yang hilang.

 

Kuliner – Selama 13 jam dalam sehari menjalani puasa, tubuh akan mengambil energi dari cadangan gula yang ada di dalam tubuh kamu. Sehingga, kadar gula darah tetap terjadi dan kamu dapat melakukan berbagai aktivitas. Setelah seharian beraktivitas, tentu cadangan energi kamu akan terus menurun, serta membuat kamu merasa lemas di sore hari.

Berbuka puasa dengan yang manis sebenarnya diperlukan untuk mengganti energi kamu yang hilang. Namun, kebanyakan menu takjil memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah kamu dengan cepat. Ini mungkin berbahaya bagi kamu yang memiliki diabetes.

Pilihan Takjil Sehat untuk Buka Puasa

Untuk menghindari naiknya gula darah dengan cepat, sebaiknya pilihlah takjil yang tidak terlalu manis dan mengandung banyak nutrisi. Beberapa pilihan takjil yang sehat untuk kamu yaitu:

1. Buah Kurma 3 Butir

11 Menu Takjil di Kantor yang Praktis Nan Sehat - Artikel SpaceStock

Kurma mungkin menjadi pilihan baik karena buah ini mengandung banyak energi dan serat, sehingga mampu mencegah kamu dari makan berlebih.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Kurma Secara Rutin Tiap Hari Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Kendati demikian, sebaiknya jangan terlalu banyak makan kurma saat berbuka puasa, karena kandungan gulanya juga cukup tinggi. Cukup makan tiga butir saja saat berbuka puasa. 

2. Sop Buah atau Es Buah

Sembelit Saat Puasa, Bisa Terjadi Akibat 7 Makanan Ini

Menu takjil yang mengandung buah-buahan juga baik untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa. Buah mengandung cukup gula untuk mengganti energi kamu yang hilang seharian, dan juga mengandung serat yang baik untuk membuat kamu kenyang lebih lama.

Namun, kamu juga perlu waspada dalam menambahkan gula atau susu kental manis dalam sajian buah kamu. Jangan terlalu berlebihan atau sebaiknya jangan ditambahkan gula dan susu kental manis.

3. Kolak Pisang Tanpa Santan

15 Resep Takjil Buka Puasa Paling Laris untuk Jualan - seruni.id

Ganti santan dalam kolak pisang dengan susu rendah lemak. Kolak pisang ini dapat menjadi menu takjil yang lebih sehat untuk kamu. Selain itu, sebaiknya juga kurangi penambahan gula dalam sajian kolak kamu.

4. Puding Buah

10 Resep Takjil Buka Puasa Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga! |  theAsianparent Indonesia

Biasanya, orang lebih menyukai camilan gorengan saat berbuka. Namun, gorengan tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi setiap hari.

Kandungan kalori dan lemak yang sangat tinggi dapat memicu munculnya penyakit serius seperti diabetes atau hipertensi. Mulai sekarang, coba kamu ganti asupan gorengan dengan puding buah. Namun, pastikan gula yang kamu pakai untuk membuat puding tidak terlalu banyak ya. 

5. Bubur Kacang Hijau

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau yang Lembut dan Mekar - Lifestyle Fimela.com

Bubur kacang hijau juga termasuk pilihan takjil yang menyehatkan karena mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh, seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Kacang hijau juga berperan dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Jeruk yang Kaya Vitamin C untuk Kesehatan

Bukan hanya itu, kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein yang juga berfungsi sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-tumor, dan juga mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

6. Chicken Salad

Cara Memasak Appetizing Chicken Salad

Semangkuk chicken salad dengan rasa gurih dan segar bisa kamu coba sebagai hidangan buka puasa. Cara menyiapkannya pun sebenarnya sangat mudah.

Cukup dengan pan-grill dada ayam dengan sedikit garam dan lada hitam, lalu potong-potong dan taruh di atas semangkuk sayuran.

Kamu juga dapat menambahkan keju untuk memperkaya rasa. Serat dalam sayuran dan protein dalam makanan ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama, tetapi tidak membuatmu mengantuk. Sebab, kalorinya tidak setinggi makanan manis.

Nah, itulah beberapa pilihan takjil sehat untuk berbuka puasa yang bisa kamu coba.Bila mengalami masalah kesehatan saat puasa, jangan ragu untuk bertanya ke dokter. (Ds)

Check Also

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Tanggal 24 Juli itu Hoaks

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Tanggal 24 Juli itu Hoaks

  Metrobanten, Jakarta – Beredar video aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan dengan menarasikan bahwa ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup