Kue Getuk Masih Jadi Cemilan Idola di Masa Pandemi  

 

Metrobanten, Kuliner – Siapa yang tak kenal makanan kue Getuk yang sering dicicipi bersama minuman teh hangat,  disaat waktu beristirahat.

Kue Getuk yang terbuat dari singkong dan gula merah sudah menjadi kekayaan kuliner warisan leluhur yang telah dilestarikan secara turun temurun ditengah masyarakat.

Sebagian lagi merupakan perwujudan dari kreatifitas dan inovasi masyarakat setempat di era masa kini, Selasa (23/3/21).

Baca juga: 10 Khasiat Kesehatan Nikmati Buah Apel Setiap Hari

Mpo Wati (61) warga Kampung Buaran Kandang Besar, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang yang sudah puluhan tahun berjualan Getuk secara turun temurun.

Menurut penuturannya, Wati yang biasa disapa Ema tersebut mengatakan bahwa dirinya sudah puluhan tahun berjualan Getuk dan Ketimus dengan menggunakan tampah dari sebuah anyaman bambu di perapatan Lampu Merah Cipondoh.

“Sudah puluhan tahun dari tahun 90 an ada kali saya jualan. Alhamdulillah saya bawa abis terus. Klo sampai jam 3 sore Getuk saya ga abis, biasanya saya kelilingin kedalem Komplek ,” katanya.

Baca juga: Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh  

Wati yang tidak terbilang muda lagi namun tetap bersemangat, mengaku resep Getuk didapatnya dari orangtua, nenek secara turun temurun. saat ini, dirinya juga berjualan Getuk ditemani istri dari salah satu anaknya (menantu) untuk membantu menuangkan kelapa diatas getuk dan lainnya.

“Harga satu buah dihargai 2500 rupiah,” katanya.

Ya, Getuk merupakan jajanan tradisional berbahan dasar singkong aset kekayaan kuliner nusantara yang mempunyai beragam jenis.

  1. Getuk Singkong Gula Jawa
  2. Getuk Pisang
  3. Getuk Lindri
  4. Getuk Ubi
  5. Getuk trio dan lainnya.

Pada dasarnya jajanan pasar satu ini merupakan pelopor getuk nusantara. Campuran singkong dan gula jawa pada kudapan ini adalah ciri khasnya.

Selain itu, daun pisang atau daun jati juga menjadi ciri khas dalam pengemasannya. Tidak ada yang tahu pasti daerah asal dari getuk singkong ini. Namun, rasanya pasti enak, yummy….

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup