Menu Diet Simpel dan Praktis untuk Kesehatan Tubuh

Menu Diet Simpel dan Praktis untuk Kesehatan Tubuh
Bahan makanan pengganti yang dianjurkan: daging, ikan, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, susu tinggi lemak.

 

Metrobanten, Kesehatan – Salah satu cara diet yang populer adalah mengurangi konsumsi karbohidrat. Sejumlah bahan makanan bisa jadi pilihan untuk menjalankan diet yang kerap disebut diet rendah karbohidrat ini. Diet ini berarti memangkas asupan karbohidrat dalam menu makan sehari-hari.

Diet jenis ini bukan berarti menghilangkan sama sekali asupan karbohidrat, melainkan membatasi asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Seperti diberitakan Healthline, sejumlah bahan makanan dinilai tepat menjadi pengganti karbohidrat sebagai sumber energi.

Baca juga: Bahaya Diabetes dan Kolesterol Tinggi Mengintai Anak Obesitas

Bahan makanan pengganti yang dianjurkan: daging, ikan, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, susu tinggi lemak.

Bahan makanan pengganti yang tidak dianjurkan: gula dan makanan yang diproses.

Berikut sejumlah menu simpel dan praktis untuk Anda yang sedang menjalani program diet rendah karbohidrat:

Menu Sarapan

Telur dadar dan Sayur

Sajian telur dadar bisa ditambahkan beberapa bahan makanan yang tepat seperti sayuran. Proses memasaknya dianjurkan menggunakan margarin atau minyak dalam jumlah yang sedikit. Untuk meminimalisasi penggunaan minyak, disarankan Anda menggunakan wajan anti-lengket.

Yogurt dan Buah

Salah satu bahan makanan rendah karbohidrat yang bisa jadi pilihan untuk menu sarapan adalah yogurt. Dalam sajian 100 gram yogurt hanya terdapat 3,6 gram karbohidrat. Untuk memperkaya rasa, yogurt bisa dipadukan dengan beragam buah.

Bacon Sapi dan Telur

Perpaduan daging sapi dan telur adalah menu mudah yang bisa disajikan di pagi hari. Kedua bahan tersebut bisa disajikan tanpa banyak bumbu tambahan. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi, baik untuk mengisi energi sebagai pengganti peran karbohidrat.

Menu Makan Siang

Salad

Salad sayur bisa jadi pilihan untuk makan siang tanpa banyak unsur karbohidrat. Untuk memperkaya sajian, salad bisa ditambahkan dengan protein seperti udang, ikan, atau ayam. Salad sayur baiknya disajikan dengan dressing yang sehat, salah satunya adalah minyak zaitun.

Smoothie

Memadukan sejumlah buah dan sayur dalam sajian minuman memang terdengar menyehatkan. Namun, unsur-unsur di dalam sebuah sajian smoothies harus diukur agar tidak berlebihan. Campuran smoothie yang baik untuk dikonsumsi di antaranya: pisang-stroberi-madu, tomat-apel-wortel, daun kale-pisang.

Dada Ayam

Dada ayam merupakan pilihan baik untuk dikonsumsi di jam makan siang. Seperti dilansir Healthline, ayam sama sekali tidak mengandung karbohidrat. Dada ayam memiliki jumlah protein yang lebih besar daripada paha ayam, hal tersebut baik untuk mengganti sumber energi dari karbohidrat. Dada ayam baiknya disajikan tanpa banyak menggunakan minyak, seperti dipanggang atau dikukus.

Sup Jamur

Salah satu sajian praktis yang bisa dipilih untuk makan siang adalah sup jamur. Anda bisa menggunakan jamur merang, yang mudah ditemui di pasaran. Gunakan campuran kaldu dan santan untuk membuat kuah sup yang sederhana.

Makan Malam

Steik

Steik daging sapi bisa jadi salah satu pilihan makan malam yang rendah karbohidrat. Pastikan daging sapi tidak diolah dengan minyak berlebih. Sajikan steak dengan tambahan sayuran sebagai pelengkap, seperti wortel, buncil, dan lainnya.

Ayam Panggang dan Bayam

Selain untuk makan siang, daging ayam juga cocok dijadikan menu makan malam. Dada ayam bisa jadi pilihan karena lebih kaya protein dan rendah lemak. Untuk variasi rasa, Anda bisa menggunakan daun bayam sebagai bahan makanan pendamping. Hal tersebut juga baik untuk menambah serat dalam seporsi sajian makan malam.

Daging Burger dan Keju

Salah satu menu diet praktis yang baik untuk jam makan malam adalah perpaduan daging burger dan keju. Daging burger disajikan tanpa roti-nya, karena tentunya mengandung karbohidrat.

Kudapan Rendah Karbohidrat

Selain menu makan harian, Anda juga bisa mengosumsi kudapan rendah karbohidrat di sela-sela jam makan. Berikut di antaranya:
– Daun kale panggang
– Kacang kapri (edamame) rebus
– Smoothie stroberi
– Telur rebus
– Alpukat

Tentang Diet Rendah Karbohidat

Diet rendah karbohidrat tidak untuk dimaknai sebagai pemutusan konsumsi karbohidrat sepenuhnya. Diet ini artinya mengurangi kadar karbohidrat dalam konsumsi sehari-hari, karena karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam keseharian.

Seperti diberitakan Medical News Today, diet rendah karbohidrat artinya mengurangi jumlah karbohidrat dan menggantinya dengan lemak sehat. Ketika seseorang secara drastis mengurangi jumlah karbohidrat, maka itu akan memaksa tubuh untuk menggunakan simpanan lemak sebagai bahan bakar, yang kemudian dapat menurunkan berat badan.

Baca juga: 9 Ancaman Kesehatan yang Dihadapi Para Generasi Milenial

Jika seseorang mengurangi asupan karbohidrat, maka ia harus menggantinya dengan protein dan lemak sehat dalam asupan harian. Beberapa sumber protein dan lemak sehat adalah daging, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sejumlah sayuran juga dinilai tepat untuk menggantikan energi yang hilang dengan berkurangnya asupan karbohidrat. Sayuran tersebut antara lain bayam, brokoli, dan wortel. Energi dari karbohidrat juga bisa digantikan dengan buah-buahan seperti melon, apel, dan stroberi.

Diet rendah karbohidrat juga bisa lebih efektif dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman bergula dan soda. Konsumsi minuman seperti teh, kopi, dan jus buah baiknya tidak ditambahkan gula.

Ragam bahan tersebut bisa dipadupadankan sebagai menu harian Anda. Sejumlah menu sederhana dan praktis bisa Anda kreasikan, disesuaikan dengan jam makan dan kebutuhan energi harian Anda. (arsa)

Check Also

Wagub Banten Dampingi Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan MPP Kota Tansel

Wagub Banten Dampingi Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan MPP Kota Tansel

  Metrobanten, Tangerang –  Wagub Banten Andika Hazrumy bersama Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup