Traveling ke Banten tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner khas nya yang terkenal hingga seantero jagad yaitu Rabeg Banten dan sajian kuliner lainnya.

Rabeg dan Nasi Gonjleng, Kuliner dari Daging Kambing Khas Banten yang Rasanya Jawara

Metrobanten, Kuliner – Traveling ke Banten tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner khas nya yang terkenal hingga seantero jagad yaitu Rabeg Banten.

Rabeg sendiri merupakan kuliner yang diadaptasi dari kuliner Arab yang bahan utamanya terdiri dari daging dan jeroan kambing yang memiliki cita rasa yang kaya, pedas bercampur manis.

Jika dilihat lebih saksama kuliner ini terlihat mirip dengan semur yang bercampur dengan tongseng yang di dalamnya terdapat banyak rempah-rempah seperti jahe, cabai merah, dan lada.

Membaca penjelasan singkat ini tentu membuat pembaca merasa ingin segera mencicipinya. Untuk mengobati rasa lapar, cobalah mencicipi Rabeg Banten di 5 kedai legendaris berikut ini.

Rabeg Khas Serang H Naswi Magersari

Seperti namanya, pengunjung harus rela datang ke Serang untuk bisa mencicipi kuliner ini. Di Warung ini pengunjung bukan hanya bisa memesan Rabeg saja, tapi juga kuliner khas Banten lainnya seperti sate dan menu lainnya.

Warung ini cukup nyaman, harga ramah kantong, dan yang pasti terkenal di kalangan para pencinta kuliner. Alamat: Jalan Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten 42112.

 

Nasi Gonjleng

Nasi Gonjleng memang terasa nikmat disantap siang hari, itulah barangkali yang membuat si bapak nambah satu porsi lagi. Nasi Gonjleng sendiri merujuk pada aktivitas yang dilakukan pada malam hari disertai acara masak dan makan rame-rame, kegiatan inilah yang disebut gegonjlengan.

Sedangkan lauknya berupa Rabeg, adalah Rabeg Sapi sehingga aku tidak keberatan untuk mencoba. Karena Rabeg biasanya terbuat dari daging kambing, kurang cocok dengan pencernaanku.

Kuliner ini bila dilihat sekilas sangat mirip dengan nasi kebuli, hanya saja menu gonjleng biasanya disajikan dengan daging sapi atau kambing, sambal goreng, kerupuk emping, dan acar.

Kamu bisa mengunjungi tempatnya di Jl. RA. Kartini, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Sebelum Hotel Cilegon.

Ayam Bekakak

Kuliner khas Cilegon ini tidak jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Yang membedakan hanya resep bumbunya.

Bumbu yang digunakan adalah khas Cilegon dengan rasa tentu jauh berbeda dari ayam bekakak daerah lain, terdapat rasa pedas dan manis.

Kalau dulu disajikan pada acara selamatan atau pernikahan, kini ayam bekakak sudah sangat ditemukan di warung-warung di sepanjang jalan Kota Cilegon.

 

Sate Bebek

Kuliner ini sama dengan sate pada umumnya hanya saja bumbunya yang khas membuatnya berbeda cita rasanya.

Kamu bisa mengunjungi Rumah Makan Sate Asmawi Cilegon di Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Demikian rekomendasi makanan khas Cilegon, menggiurkan bukan? Makanan mana yang akan kamu nikmati terlebih dahulu.

 

(Arsa, Bbs, Net)

Check Also

Pemkot Tangsel Pasang Ratusan Washtafel di Tempat Umum

Post Views: 828 Metrobanten, Tangsel – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus menambah titik ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.