5 Makanan Mengandung Gluten Tinggi yang Harus Dibatasi

Gluten adalah protein yang banyak terkandung dalam makanan seperti roti atau pasta.

5 Makanan Mengandung Gluten Tinggi yang Harus Dibatasi
5 Makanan Mengandung Gluten Tinggi yang Harus Dibatasi

Metrobanten – Gluten adalah protein struktural yang secara alami terkandung dalam biji-bijian sereal tertentu. Termasuk gandum, barley dan gandum hitam.

Meskipun “gluten” seringkali hanya mengacu pada protein gandum, dalam literatur medis, senyawa ini mengacu pada kombinasi protein prolamin dan glutelin. 

Ada beragam makanan mengandung gluten yang kerap tidak disadari dan dikonsumsi secara berlebihan. Padahal, jika dikonsumsi oleh orang dengan penyakit celiac atau intoleransi gluten, justru bisa menimbulkan keluhan, mulai dari diare, sakit perut, hingga berat badan turun dan sulit naik.

Meski menjadi bahan banyak makanan dan bermanfaat, tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang mengonsumsi senyawa protein ini. Karena itu, ketahuilah apa saja makanan yang mengandung gluten tinggi. 

BACA JUGA: 10 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Anggur untuk Kesehatan

Gluten adalah protein yang banyak terkandung dalam makanan, seperti roti atau pasta. Penambahan gluten bertujuan untuk membuat tekstur makanan tersebut jadi lebih kenyal.

Tujuannya untuk agar kamu atau anggota keluargamu dapat lebih waspada terhadap jenis asupan makanan.

Makanan yang Mengandung Gluten

Sebenarnya gluten bisa menjadi sumber protein nabati yang menyehatkan. Namun, jika Anda menderita penyakit celiac atau intoleransi gluten, makanan yang mengandung gluten tinggi sebaiknya dihindari. Makanan-makanan tersebut adalah:

1. Roti

Hampir semua jenis roti, baik itu roti putih, roti bagel, roti gandum, roti kentang umumnya mengandung gluten. Oleh karena itu, Anda harus lebih ekstra hati-hati untuk melihat komposisi dari roti kemasan yang akan dikonsumsi. Biasanya pada kemasan roti yang bebas gluten akan bertuliskan “gluten free”.

2. Biskuit

Bila Anda kerap menjadikan biskut sebagai camilan, Anda perlu tahu bahwa jenis makanan ini mengandung gluten cukup tinggi.

Gluten dibutuhkan dalam pembuatan biskuit karena protein ini bisa membuat biskuit menjadi lebih renyah. Biskuit yang tidak diberi gluten umumnya akan memiliki tekstur lebih keras.

3. Pasta

Jika pasta, termasuk spageti, fetucini, macaroni, ravioli dibuat dari gandum, maka jenis makanan ini termasuk makanan yang mengandung gluten tinggi, ya. Jika Anda ingin produk pasta yang memang bebas gluten, sebaiknya pilihlah yang tidak berasal dari gandum atau jelay.

4. Sereal

Sereal merupakan makanan lezat dengan kandungan gluten yang tinggi. Sereal bukan termasuk sarapan yang menyehatkan karena kebanyakan telah ditambahkan kandungan gula yang tinggi supaya lebih enak untuk dinikmati.

5. Keripik kentang

Keripik kentang sebenarnya bebas akan kandungan gluten. Namun, penambahan bumbu keripik kentang instan mungkin membuat keripik kentang menjadi tidak bebas gluten karena bumbu ini biasanya memuat kandungan cuka dan pati gandum.

BACA JUGA: Ketahui 7 Bahaya Makan Mie Instan Terlalu Sering

Makanan ber-gluten sebenarnya tidak hanya itu saja. Beberapa jenis  makanan lainnya, seperti mie, pangsit, donat, brownies, kue kering, muffin, pancake, wafel, tortilla, hingga snack bar juga mengandung gluten.

Mengapa Gluten Bisa Berdampak Negatif bagi Kesehatan?

Makanan dengan gluten sebenarnya menjadi salah satu jenis makanan sehat. Sebab, gluten dapat menjadi sumber protein, serat larut, dan nutrisi dalam tubuh. Meski begitu, gluten bisa berdampak negatif bagi kesehatan terutama pada individu dengan kondisi kesehatan tertentu. 

Dengan kata lain, tidak semua orang bisa mengonsumsinya karena bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan.

Konsumsi makanan yang mengandung gluten boleh-boleh saja, tetapi Anda perlu untuk membatasinya dengan bijak supaya kesehatan menjadi lebih terjaga.

Terlebih jika Anda sering mengalami keluhan kesehatan tertentu setelah mengonsumsi jenis makanan mengandung gluten di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya keluhan-keluhan tersebut.

(Ars)

Back to top button