Kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat.

Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Metrobanten, Kesehatan – Kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat. Daun Kelor telah menjadi obat di Eropa. Bahkan, diproduksi menjadi obat, parfum atau produk kecantikan.

Semua bagian kelor bisa dimanfaatkan. Buah kelor yang disebut kelentang, sering digunakan untuk tambahan sayur pada masakan. Bunga kelor yang sangat wangi dproduksi untuk pembuatan parfum sejak lama oleh beberapa produk kecantikan, kemudian daunnya memiliki puluhan khasiat untuk tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan agar anak-anak dan bayi mengkonsumsi daun kelor, karena khasiat tumbuhan ini dapat mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk. Hal itu telah dilakukan oleh negara Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Kelor adalah obat kanker, sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters. Adapun kanker yang dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi kelor, yaitu kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

Hal itu disebutkan karena kelor memiliki antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lan yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

Dari berbagai sumber yang dihimpun, daun kelor memiliki banyak manfaat utama yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh:

  1. Mengobati Kanker

Ekstrak daun kelor mengandung sifat yang mungkin membantu mencegah kanker berkembang. Daun Kelor juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

Kelor juga memiliki beta-sitosterol yang telah terbukti bermanfaat mengobati pembesaran prostat dan membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.

  1. Menyehatkan Mata

Daun kelor mengandung sifat yang dapat mengurangi timbulnya gangguan  penglihatan berkat kandungan antioksidan yang tinggi. Daun kelor dapat mencegah pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

  1. Menurunkan Kadar Gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan sebuah hasil yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas semakin bertambah. Maka tak heran, jika banyak orang di India yang menggunakan daun kelor sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar gula.

  1. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Tingginya tingkat radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Beberapa senyawa antioksidan telah ditemukan dalam daun daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk:

  • Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Asam klorogenik: Juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kopi, asam klorogenat dapat membantu tingkat gula darah moderat setelah makan.
  1. Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, oatmeal dan almond.

Kedua studi berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

  1. Gizi untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. Mengonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk ibu menyusui. Daun kelor secara ilmiah terbukti mendukung laktasi dan mulai populer untuk ibu menyusui.

Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat bertindak sebagai galaktagog, yaitu zat alami untuk mendukung kelancaran laktasi.

  1. Sebagai Anti-Penuaan

Tidak hanya kaya dengan vitamin A, ternyata daun kelor juga memiliki manfaat yang sangat efektif sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor dapat mencegah efek radikal bebas, sekaligus memperlambat efek penuaan tubuh dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Tingkat zeatin pada kelor telah terbukti ribuan kali lebih tinggi daripada kebanyakan tanaman lainnya. Sitokinin menunda proses penuaan pada tanaman, danKetika diaplikasikan pada sel manusia, sel ini pun terbukti memperlambat penuaan.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Anda memiliki masalah pencernaan seperti sakit maag? Jika ya, berarti sangat dianjurkan untuk Anda mengonsumsi daun kelor secara rutin. Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan.

Perlu Anda ketahui bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan pencernaan memiliki kaitan erat dengan fungsi daun kelor sebagai anti-inflamasi. Jika mengonsumsi daun kelor secara rutin, pencernaan akan semakin membaik dan gejala penyakit maag dapat membaik secara signifikan.

  1. Menjaga Fungsi Otak

Banyak orang yang mengeluh memiliki masalah dengan mood atau suasana hati. Beberapa orang mungkin juga memiliki masalah psikis seperti depresi atau lainnya. Terkait dengan hal ini, daun kelor memiliki manfaat yang besar untuk menjaga fungsi otak agar mood dan pikiran tetap stabil.

Daun kelor mengandung vitamin C dan E yang tinggi, yang bermanfaat memerangi stres oksidatif yang terkait dengan Alzheimer. Penelitian pada hewan terhadap Alzheimer dan demensia menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Manfaat daun kelor juga dapat meningkatkan dopamin dan serotonin (hormon bahagia). Jika penelitian lebih banyak dilakukan, kelor mungkin dapat digunakan untuk membantu mengobati depresi di masa depan.

  1. Mengobati Cacingan

Daun kelor memiliki manfaat lain bagi kesehatan yaitu untuk mengobati cacingan. Obat tradisional cacingan dari daun kelor dibuat dengan cara merebus daun kelor. Saring air rebusan ini dan minum setiap malam untuk menghilangkan cacing perut dari tubuh Anda. Ramuan ini juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.

11. Mengobati Asma

Daun Kelor dapat membantu mengurangi keparahan beberapa serangan asma dan melindungi terhadap penyempitan bronkial. Daun kelor juga terbukti membantu fungsi paru-paru dan pernapasan secara keseluruhan lebih baik.

12. Mencegah Gangguan Ginjal

Orang yang mengonsumsi ekstrak daun kelor mungkin menurunkan risiko batu di ginjal, kandung kemih atau rahim, karena daun kelor mengandung antioksidan tingkat tinggi yang mungkin dapat membantu kadar toksisitas di ginjal.

13. Mengobati Anemia dan Penyakit Sel Sabit

Daun kelor dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi, sehingga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Ekstrak daun kelor diperkirakan sangat membantu dalam mengobati dan mencegah anemia dan sickle cell disease (SCD) atau juga disebut penyakit sel sabit.

Tidak sedikit khalayak yang membuat maskan dengan bahan daun kelor untuk di konsumsi bersama keluarga, kabarnya sayur ini juga baik lho untuk diet. Jadi penasaran nih gimana ya cara masak daun kelor. Salah satu resep olahan daun kelor berikut.

Sayur bening daun kelor

Sayur bening daun kelor merupakan sayur yang paling sering dan paling mudah dibuat. Nah pertama-tama siapkan daun kelor muda berwarna hijau muda sebanyak 1 ikat. Bila ingin lebih bervariasi kamu bisa menambahkan pilpilan jagung manis. Jangan lupa siapkan juga 2 ruas temu kunci, garam, penyedap rasa, 500ml air atau sesui selera.

Langkah pertama rebuskan air, kemudian masukkan jagung, daun kelor, garam, penyedap rasa dan juga 2 ruas temu kunci. Masaklah hingga  daun kelor dan jagung matang. Tadaaa, sayur bening daun kelor siap dihidangkan.

Sedikit tips untukmu, daun kelor ini akan terasa sedikit pahit, untuk mengatasinya rebus daun kelor terlebih dahulu tapi jangan terlalu lama ya guys. Setelah itu remaslah secara perlahan hingga air dari daun kelor ini sedikit hilang, baru setelah itu kamu bisa memasaknya sesuai selera.

Semoga informasi ini memberikan manfaat yang baik untuk lita semua.

 

 

(Suntingan Info Kesehatan: Bbs, Net)

Check Also

Cermati Memilih Pasta Gigi Untuk Gigi Sensitif Agar Tidak Salah Pilih

Post Views: 875 Metrobantem, Kesehatan – Berbeda dari pasta gigi biasa, pasta gigi untuk gigi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.