KESEHATANKULINER

Banyak Khasiat : Buah Sukun Bisa Untuk Obat Penyakit Ginjal

Metrobanten – Banyak orang belum mengenal dan tahu khasiat dari buah Sukun (Artocarpus communis), tanaman berbuah yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Malaysia dan Indonesia. Orang Eropa menyebut Sukun sebagai Breadfruit.

 

Karena buah Sukun tidak berbiji serta memiliki bagian empuk yang mirip seperti roti. Buah sukun banyak diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Sukun digunakan sebagai sumber karbohidrat penting di daerah Pasifik dan biasa dikenal sebagai kuru, ulu, atau uru.

 

Menurut laporan, karbohidrat yang terkandung dalam 100 g tepung sukun setara dengan karbohidrat pada 100 g beras. Daun sukun sendiri banyak dimanfaatkan dalam pembuatan obat tradisional.

 

Bahkan buah sukun diketahui memiliki berbagai jenis kandungan seperti vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi.  Pada kulit kayunya diketahui mengandung senyawa turunan flavonoid terprenilasi  yaitu artonol B dan sikloartobilosanton.

 

Dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai obat karena khasiatnya. Salah satunya untuk penyakit Ginjal :

 

Menurut laporan bisa sebagai Anti-oksidan

 

Khasiat buah sukun untuk ginjal yang pertama ialah sebagai antioksidan. Buah sukun mengandung zat antioksidan yang berguna dalam mencegah radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh. Karena dapat mencegah radikal bebas maka sukun ini dapat juga mencegah kanker untuk bertumbuh kembang termasuk di dalam ginjal.

 

Memiliki kandungan omega 3

 

Buah sukun mengandung omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol. Seperti kita ketahui bahwa jika terlalu banyak kolesterol dalam tubuh maka akan mengganggu fungsi ginjal maka omega 3 ini sangat baik untuk menyeimbangkannya. Selain itu omega 3 juga sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak. Sehingga baik untuk tubuh tidak hanya ginjal saja.

 

Kandungan protein rendah

 

Buah sukun memiliki kandungan yang rendah protein sehingga cocok untuk ginjal. Seperti yang kita ketahui bahwa protein yang  berlebihan membuat ginjal menjadi rusak.

 

Kandungan lemak rendah

 

Buah sukun memiliki kandungan yang rendah akan lemak. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa lemak dapat menimbulkan plak-plak pada aliran darah. Tentu plak-plak tersebut jika dibiarkan akan penyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kematian. Selain itu tersumbatnya pembuluh darah juga membuat aliran darah ke ginjal terhambat. Akhirnya ginjal tidak dapat pasokan darah dan menjadi rusak.

 

Memiliki banyak serat

 

Buah sukun memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia terlebih untuk mengurangi lemak dan kolesterol. Selain itu serat juga berguna untuk memperlancar buang air besar. Oleh karena itu serat berguna untuk ginjal manusia.

 

Dapat mengobati infeksi

 

Daun suku memiliki kandungan yang dapat mengatasi infeksi yang terjadi pada tubuh. kandungan antioksidan yang dimiliki juga dapat membuat ginjal terhindar dari infeksi.

 

Sebagai sumber energi

 

Buah sukun kaya akan karbohidrat sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi untuk manusia. Dengan energi yang mencukupi maka tubuh akan semakin kuat terhadap bakteri bakteri yang akan masuk ke tubuh termasuk untuk menyerang organ ginjal.

 

Mengandung banyak mineral

 

Khasiat buah sukun untuk ginjal yang selanjutnya ialah sebagai sumber mineral. Buah sukun mengandung banyak mineral. Mineral-mineral tersebut baik yang dapat mengatasi berbagai penyakit ginjal.

 

Mengatasi sulit defekasi

 

Kandungan serat yang dimiliki buah sukun sangat bermanfaat untuk proses buang air besar. Serat tersebut dapat memperlancar jalannya proses defekasi tersebut.

 

Kaya akan vitamin C

 

Buah sukun memiliki banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan untuk membunuh virus-virus yang ingin masuk ke dalam tubuh.

 

Mengandung kalium

 

Buah sukun mengandung kalium yang berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh. fungsi ginjal diantaranya sebagai penyeimbang cairan tubuh dengan memproses pengeluaran urin. Tentu dengan adanya kalium produksi urin lancar dan sangat baik untuk kesehatan ginjal.

 

Dapat menurunkan tekanan darah

 

Buah sukun mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Seperti yang kita tahu bahwa hipertensi dapat berhubungan dengan kondisi ginjal seseorang.

 

Mengendalikan gula darah

 

Buah sukun memiliki kandungan yang dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. jika terlalu banyak gula darah tentunya tidak baik untuk ginjal.

 

Menjaga berat badan

 

Buah sukun rendah kolesterol dan lemak sehingga baik untuk diet. Berat badan yang berlebih juga dapat berefek pada kerusakan kondisi ginjal.

 

Nah….tidak ada salahnya kan mencoba.     (int/des)

Back to top button