KESEHATAN

Daging Melimpah : Ini Cara Mengolah Untuk Hindari Kolesterol

Metrobanten, Kota – Hari Raya Idul Adha 2018 sudah berlalu, tentunya persediaan daging kurban, baik kambing, atau sapi pasti masih melimpah, Kamis (23/8/18).

Kebanyakan orang akan mengolah daging-daging kurban itu dalam berbagai bentuk masakan, seperti sate, gulai, tongseng atau masakan lain.

Tentu semua orang akan menikmati daging pada Idul Adha dan sesudah Idul Adha. Diketahui bahwa dalam daging kambing ataupun sapi mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, zat besi dan lainnya.

Namun, karena jumah makanan olahan daging tersedia secara melimpah, orang jadi berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Padahal, di balik nutrisi yang terkandung dalam daging, ada efek samping yang mengintai saat daging tersebut dikonsumsi secara berlebihan.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak makan daging dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya kolesterol. Untungnya, beberapa bahan alami masih bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi, kita bisa mengonsumsi makanan penurun kolesterol sebagai berikut :
1. Minyak zaitun

Sarat dengan lemak tak jenuh sehat jantung, minyak zaitun ectra-virgin telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang buruk untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Sayuran

Sayuran adalah salah satu makanan padat nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral dan serat untuk mendukung kesehatan jantung, namun rendah kalori.

Tidak heran jika penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak sayuran dikaitkan dengan menurunkan kadar kolesterol LDL baik untuk pria maupun wanita.

• Bagian-bagian Hewan Kurban yang Haram Dimakan, Apa Saja?

• Cara Gampang Mengolah Daging Kambing agar Tak Bau Prengus

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya serat dan lemak sehat, sehingga sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Satu ulasan dari 25 penelitian menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dikaitkan dengan kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah, ditambah penurunan trigliserida juga.

4. Kunyit

Berkat kehadiran senyawa kuat yang disebut kurkumin, kunyit telah terbukti mengurangi kadar kolesterol total dan LDL dalam darah.

5. Bawang putih

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bermanfaat bagi tingkat kolesterol.
Menurut satu review dari 39 penelitian, mengonsumsi bawnag putih secara teratur selama setidaknya dua bulan dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mengurangi risiko menyakit jantung.

Selamat mencoba ya,…(int/des)

Back to top button