Warga Etnis Tionghoa Berburu Pernak-Pernik Imlek di Pasar Lama

Warga Etnis Tionghoa Berburu Pernak-Pernik Imlek di Pasar Lama
Warga Etnis Tionghoa Berburu Pernak-Pernik Imlek di Pasar Lama.

Metrobanten – Wilayah Pasar Lama Kota Tangerang dikenal menjadi kawasan pecinan China Benteng. Selain adanya Klenteng Boen Tek Bio dan Khongcu Bio, sejak lama kawasan Pasar Lama dihuni oleh mayoritas etnis Tionghoa.

Tak heran, menjelang perayaan besar etnis Tionghoa seperti Tahun Baru Imlek, Pasar Lama menjadi tempat masyarakat yang mencari atau berburu pernak pernik Imlek.

Perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024, membuat kawasan Pasar Lama Kota Tangerang dipenuhi dengan pernak pernik Imlek.

Hal itu disebabkan banyaknya pedagang yang menjual berbagai macam kebutuhan Imlek seperti, lampion, amplop Imlek, hiasan Imlek, serta aneka aksesoris menghiasi hampir sepanjang Jalan Kisamaun, Pasar Lama, Kota Tangerang.

BACA JUGA: DKP Kota Tangerang Buka Gerakan Pangan Murah On The Road

Kezia Gabriella, siswi SMK Buddhi Tangerang yang datang bersama teman-temannya untuk mencari kebutuhan dekorasi kelas di sekolahnya mengaku, Pasar Lama menjadi tempat langganannya berburu kebutuhan perayaan Imlek.

“Setiap tahun saya selalu datang ke sini. Karena di sini pernak-perniknya lebih lengkap, selain itu juga harganya terjangkau dan mudah diakses. Kebetulan saya datang ke sini bersama teman-teman untuk membeli perlengkapan kebutuhan dekorasi kelas jelang Imlek nanti,” tuturnya, saat ditemui Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Asep Anang pedagang yang sudah 20 tahun menjual aneka pernak pernik Imlek mengaku sehari-hari menjual kebutuhan Imlek.

Namun sejak awal Februari 2024, penjualan kebutuhan Imlek semakin meningkat dari biasanya. Asep mengaku, dalam sehari mampu raup omzet mulai Rp5 juta-Rp7 juta.

BACA JUGA: 41 Warga Koang Jaya Dilarikan ke Rumah Sakit Dampak Kebocoran Gas

“Jelang Imlek, banyak masyarakat yang membeli kebutuhan untuk dekorasi. Rata-rata produk yang dicari yakni lampion, hiasan dinding, sampai angpao. Di sini saya menjual kisaran Rp5 ribu-Rp10 ribu untuk per pak angpao. Untuk lampion kisaran Rp50 ribu-Rp400 ribu,” ujar Asep.

Selain menjual pernak pernik Imlek, Pasar Lama Kota Tangerang juga banyak menjual aneka makanan khas seperti dodol, kue keranjang, kue mangkuk, dan lainnya. Tak ketinggalan bunga pussy willow dan pohon khas Imlek pun menjadi buruan masyarakat Tionghoa.  (red)

Back to top button