Polisi Bubarkan Kerumunan Massa Haul Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani di Ponpes Al-Istiqlaliyyah

Polisi Bubarkan Kerumunan Massa Haul Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani di Ponpes Al-Istiqlaliyyah
Petugas dari Polresta Kabupaten Tangerang dan Kodim 0506/TGR dibantu petugas Satpol PP Kabupaten Tangerang dan Satgas Covid-19 membubarkan kerumunan Haul Syekh Abdul Qadir Jailani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah

 

Metrobanten, Tangerang – Gelaran haul atau peringatan Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Istiqlaliyyah, Kabupaten Tangerang, Banten, dibanjiri ribuan warga tanpa jaga jarak. Polda Banten pun mengklaim sudah berupaya mengimbau penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Petugas dari Polresta Kabupaten Tangerang dan Kodim 0506/TGR dibantu petugas Satpol PP Kabupaten Tangerang dan Satgas Covid-19 membubarkan kerumunan Haul Syekh Abdul Qadir Jailani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Minggu (29/11/2020).

Baca juga: Kapolda Banten Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Acara Haul Syech Abdul Kadir Jaelani

“Jadi tadi kami dari Polresta Kabupaten Tangerang bersama Kodim 0506/TGR bersama jajaran Pol PP Kabupaten Tangerang memberikan pengarahan secara persuasif pada acara Haul Syekh Abdul Qadir Jailani ke-62 di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang agar mereka membubarkan diri atau menjaga jarak atau tidak berkerumun (Pembubaran) Merupakan bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19, dan sebagai pelaksanaannya kami sekat di 15 titik dengan melakukan rekayasa lalu lintas,” ungkap Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya.

Baca juga: Walikota Arief Ajak PCNU Terus Berkontribusi Perangi Penyebaran COVID-19

Ditambahkannya, pelaksanaan protokol kesehatan semata untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Oleh karena itu, Polresta Tangerang meminta masyarakat untuk bekerja sama menegakkan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Petugas akan terus secara mobile berkeliling untuk memberikan imbauan dan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Patroli juga untuk mengedukasi masyarakat yang masih kedapatan tidak memakai masker.Selama protokol kesehatan dijalankan, kegiatan juga bisa dijalankan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar juga mengimbau kepada jemaah yang berniat hadir dalam kegiatan Haul Syekh Abdul Qadir Jailani untuk tidak menghadiri secara langsung di Ponpes tersebut mengingat saat ini tengah dalam masa pandemi Covid-19. Acara tersebut akan disiarkan langsung secara di Banten TV.

“Kami melakukan pengimbauan kepada masayarakat untuk tidak hadir secara langsung dan cukup menyaksikan lewat live streaming yang disiapkan panitia dan pihak Banten TV di rumahnya masing-masing. Ini untuk mencegah kerumunan orang yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19,” tandasnya.

Sebelumnya, ribuan orang dari berbagai wilayah mendatangi Haul Syekh Abdul Qadir Jailani. Ribuan orang tersebut menghadiri haul tersebut tanpa mengindahkan jaga jarak, bahkan ada beberapa peserta haul yang tidak menggunakan masker saat dalam kerumunan tersebut. (red)

Check Also

Komjen Listyo Sigit ingin Polisi Ngaji Kitab Kuning Syekh Nawawi Al-Bantani

Komjen Listyo Sigit ingin Polisi Ngaji Kitab Kuning Syekh Nawawi Al-Bantani

  Metrobanten, Jakarta – Komjen Listyo Sigit Prabowo telah dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup