Pj Walikota Nurdin Tinjau Sistem Pengendali Banjir di Cibodas

Pj Walikota Nurdin Tinjau Sistem Pengendali Banjir di Cibodas
Pj Walikota Nurdin Tinjau Sistem Pengendali Banjir di Cibodas

Metrobanten – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk mengurangi titik banjir dan genangan, mulai dari pembangunan embung hingga sistem pengendali banjir mendapat respon positif dari masyarakat.

Salah satunya adalah pembangunan sistem pengendali banjir sepanjang 115 meter yang berada di wilayah Kecamatan Cibodas, di mana di lokasi tersebut kerap terjadi genangan akibat aliran air yang terhambat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, turut meninjau langsung saluran pengendali banjir yang merupakan salah satu hasil pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang pada tahun 2023.

“Semoga nanti kalau turun hujan, airnya bisa lebih cepat mengalir jadi mencegah terjadinya genangan,” tutur Pj Walikota, kepada sejumlah warga di lokasi sistem pengendali banjir Kelurahan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Rabu (31/1).

BACA JUGA: Walikota Benyamin: 70 Unit RUTLH di Serpong Utara Akan Dibedah

Kepada warga yang ada di lokasi tersebut, Nurdin, juga menjelaskan, Pemkot Tangerang akan terus mengevaluasi efektivitas fungsi dari pembangunan – pembangunan untuk meminimalisir terjadinya banjir dan genangan.

“Ke depan akan ditambah lagi penghijauan dan ruang terbuka hijau di sini, jadi bisa membantu penyerapan air waktu hujan,” tuturnya.

BACA JUGA: Masyarakat Kota Tangerang Bisa Laporkan Temuan Jalan Rusak

Lebih lanjut, mantan Pj Bupati Aceh Jaya, juga meminta agar masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan agar hasil pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang bisa berfungsi optimal.

“Dijaga saluran airnya, jangan buang sampah ke saluran biar tidak terjadi sumbatan dan bikin banjir,” pungkas Nurdin. (red)

Back to top button