Pemkot Tangerang Terpilih Menjadi Salah Satu Pilot Project Daerah Percontohan EPPD dan IGI

Pemkot Tangerang Terpilih Menjadi Salah Satu Pilot Project Daerah Percontohan EPPD dan IGI
Pemkot Tangerang Terpilih Menjadi Salah Satu Pilot Project Daerah Percontohan EPPD dan IGI

 

Metrobanten, Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendapati kunjungan lapangan Tim Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka verifikasi dan validasi indikator Indonesian Governance Index (IGI) Kota Tangerang Tahun 2021, di Ruang Ahlakul Karimah Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (8/9/21).

Dalam acara tersebut, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir langsung menyampaikan pengukuran IGI merupakan bagian yang tidak terpisahkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang wajib dilaporkan setiap tahun melalui laporan LPPD sesuai Undang – Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Komitmen Pemkot Tangerang menjalankan pembangunan dituangkan dalam visi Kota Tangerang yaitu terwujudnya Kota Tangerang yang sejahtera, ber-akhlakul karimah dan berdaya saing,” ujar Arief.

Baca juga: Pemprov Banten Raih Anugerah Terinovatif Pada Ajang IGA Kemendagri

Dikatakannya, penjabaran dari visi tersebut yaitu mengembangkan kualitas sumberdaya manusia melalui mutu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, selain itu meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana kota yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi yang mandiri dan berkeadilan.

“Dalam masa pandemi Covid-19 upaya pemulihan ekonomi juga menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kota Tangerang,” katanya.

Baca juga: Aturan ‘Holding’ BUMN Mengemuka pada Pembahasan RUU BUMN

Sementara, Kasubdit Evaluasi Wilayah III Dit. EKPKD Kemendagri Dra. Imelda MAP mengatakan Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangerang yang telah menerima dan menjadi salah satu daerah percontohan Sinergitas Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) dan IGI.

“Dimana proses kerjasama ditahun 2021 hanya dilaksanakan di 6 daerah salah satunya Kota Tangerang, semoga kegiatan verifikasi dan validasi indikator IGI ini dapat menghasilkan output yang baik,” pungkasnya. (Red/rls)

Check Also

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

Komisi IX DPR Soroti Akurasi Pengelolaan Data PBI-JKN BPJS Kesehatan

  MetroBanten, DPR – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyoroti akurasi pengelolaan ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup