Max Verstappen Meraih Pole Position untuk Grand Prix Jepang

Verstappen memimpin setelah pembukaan Q3 berjalan dan waktu awalnya 1m 29,304s.

Max Verstappen Meraih Pole Position untuk Grand Prix Jepang

F1 – Pembalap Red Bull Max Verstappen meraih pole position untuk Grand Prix Jepang, meningkatkan peluangnya untuk meraih gelar juara dunia 2022 akhir pekan ini, saat ia mengungguli pasangan Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz di kualifikasi.

Melansir dari laman Formula1, Verstappen memimpin setelah pembukaan Q3 berjalan dan waktu awalnya 1m 29,304s cukup cepat untuk memastikan posisi teratas, pria Belanda itu menyelesaikan 0,010s dari Leclerc dan 0,057s di atas Sainz, saat rekan setimnya Sergio Perez menyelesaikan empat besar.

Namun, steward akan melihat insiden yang melibatkan Verstappen dan Lando Norris pada tahap awal Q3, setelah Verstappen melesat ke kiri di pintu keluar 130R pada putaran lambat, memaksa Norris untuk mengambil tindakan menghindari saat McLaren meningkatkan kecepatan. .

Alpine mengubah kecepatan latihan mereka yang menggembirakan ketika Esteban Ocon dan Fernando Alonso masing-masing menempati posisi kelima dan ketujuh, Alonso memisahkan pasangan Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell.

Sebastian Vettel berhasil lolos ke Q3 untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Azerbaijan Juni dalam perjalanan ke P9, dengan Norris menyelesaikan posisi 10 teratas di grid setelah panggilan dekatnya dengan Verstappen.

Daniel Ricciardo diturunkan ke urutan 11 dan tersingkir di Q2 – setelah peningkatan Vettel, dengan Alfa Romeo dari Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu mengelilingi favorit tuan rumah Yuki Tsunoda di urutan ke-12 dan ke-14.

Mick Schumacher bangkit kembali dari awal yang sulit hingga akhir pekan, yang membuatnya melewatkan sesi FP2 90 menit setelah tersingkir dari FP1, untuk mengambil tempat ke-15, merebut Kevin Magnussen sebagai pembalap Haas terkemuka.

Alex Albon adalah pembalap Williams tercepat di posisi 16, nyaris kehilangan tempat di Q2, sementara Pierre Gasly mengalami kekalahan Q1 yang mengecewakan di AlphaTauri lainnya setelah mengalami masalah rem sepanjang fase pembukaan, mengambil posisi ke-17.

Setelah membintangi basah pada hari Jumat, Magnussen berjuang untuk kecepatan di kering dalam perjalanan ke 18, dengan Lance Stroll (Aston Martin) dan Nicholas Latifi (Williams) membawa belakang.

Penalti grid lima tempat terakhir untuk bentrok dengan Zhou di Singapura tidak mengakibatkan perubahan pesanan.

FORMULA 1 HONDA JAPANESE GRAND PRIX 2022

Hasil kualifikasi

POSISIWAKTU
1  Max VERSTAPPEN Red Bull Racing1:29.304
2  Charles LECLERC Ferrari1:29.314
3  Carlos SAINZ Ferrari1:29.361
4  Sergio PEREZ Red Bull Racing1:29.709
5  Esteban OCON Alpine1:30.165

(Arsa)

Back to top button