Jepang 1-1 Kroasia (Pinalti 1-3): Kroasia Masuk ke Perempat Final

Jepang 1-1 Kroasia (Pinalti 1-3): Kroasia Masuk ke Perempat Final

Metrobanten – Kroasia telah mencapai perempat final Piala Dunia setelah mengalahkan Jepang 3-1 melalui adu penalti – termasuk tiga penyelamatan dari Dominik Livakovic selama adu penalty, menyusul hasil imbang 1-1 selama 120 menit.

Itu adalah pertandingan sistem gugur pertama yang bermain setengah jam tambahan di Qatar setelah hampir genap 90 menit saat Jepang berusaha mengalahkan lawan Eropa ketiga berturut-turut menyusul kemenangan mengejutkan melawan Jerman dan Spanyol di babak grup.

Kedua gol datang di kedua sisi istirahat. Daizen Maeda (43) memberi Jepang keunggulan di babak pertama setelah pertahanan Kroasia yang alot, sebelum sundulan kuat Ivan Perisic (55) menyamakan kedudukan tak lama setelah babak kedua dimulai.

Jalannya Pertandingan

Itu adalah pembukaan ujung ke ujung di Stadion Al Janoub. Shogo Taniguchi mengangguk melebar setelah tendangan sudut pendek sebelum Maeda menyerang Livakovic di awal Jepang yang hidup. Kemudian terjadi kemelut di mulut gawang, Shuichi Gonda menggagalkan upaya Perisic sebelum menerkam bola lepas.

Sementara Kroasia terus terlihat lebih baik dalam penguasaan bola – sundulan Perisic di pertengahan babak melepaskan diri dari Andrej Kramaic di tiang belakang – Jepanglah yang memiliki peluang lebih baik.

Ito mengirimkan umpan silang rendah yang luar biasa ke area tersebut, tetapi baik Maeda maupun Yuto Nagatomo tidak dapat bersembunyi. Daichi Kamada kemudian melepaskan tembakan melebar dari jarak dekat.

Tepat sebelum jeda, Jepang memang layak memimpin. Sebuah sepak pojok pendek berhasil dilakukan oleh Ritsu Doan, yang mengirim umpan silang luar biasa ke area tersebut. 

Itu mengangguk di tengah dan dengan Kroasia tidak dapat membersihkan, memungkinkan Maeda untuk menancapkan kaki dan mengirim bola ke rumah.

Babak Kedua

Jepang membuat lawan mereka ketakutan lagi di awal babak kedua, tetapi momen kualitas dari Perisic membuat Kroasia menyamakan kedudukan. Dejan Lovren mengirimkan umpan silang yang dalam, dengan striker Tottenham itu dengan kuat mengangguk melewati Gonda.

Kedua tim terus bertukar pukulan dengan penjaga gawang yang dibuat bekerja. Tembakan Wataru Endo dari jarak jauh memaksa penyelamatan ujung jari dari Livakovic. 

Luka Modric kemudian mengirimkan tendangan voli yang menggelegar ke arah gawang, tetapi upaya luar biasa dari Gonda yang melompat tetap bertahan.

Segera, Kroasia mulai melakukan kontrol saat pengalaman turnamen mereka mengemuka. Ante Budimir melakukan beberapa upaya melebar, dengan upaya kaki kiri Perisic juga dibelokkan melewati tiang gawang.

Namun, tidak ada pihak yang mampu menambahkan satu sama lain saat pertandingan menuju periode pertama perpanjangan waktu Piala Dunia 2022.

Tidak ada pihak yang ingin memberikan apa pun dalam 15 menit pertama, tetapi Mitoma Brighton menciptakan peluang luar biasa dari ketiadaan. 

Dia menyerbu ke lapangan, hampir menutupi seluruh lapangan, tetapi usahanya akhirnya ditepis dengan ahli oleh Livakovic.

Ada lebih banyak energi di babak kedua perpanjangan waktu – Lovro Majer melepaskan tembakan melebar dari sasaran dengan tendangan terakhir – tetapi tidak ada pihak yang dapat menemukan gol lain, mengirim permainan ke adu penalti.

Tapi itu penampilan yang buruk dari Jepang selama baku tembak. Hanya Takuma Asano yang mencetak gol saat Livakovic menyelamatkan tendangan penalti Minamino, Mitoma dan Maya Yoshida. 

Marko Livaja membentur tiang dalam satu-satunya kegagalan Kroasia saat Mario Pasalic mencetak penalti kemenangan untuk memastikan timnya lolos.

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junyo Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatamo (Kaoru Mitoma 64′); Ritsu Doan (Takumi Minamino 87′), Daizen Maeda (Takuma Asano 64′), Daichi Kamada (Hiroki Sakai 75′).

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric (Mario Pasalic 68′), Bruno Petkovic (Ante Budimir 62′), Ivan Perisic.

(Arsa)

Back to top button