Hasil Lengkap Balapan MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao

Hasil Lengkap Balapan MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao
MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao.

 

Algarve – Hasil lengkap balapan MotoGP Algarve di Sirkuit Portimao, putaran ke-17 kejuaraan dunia balap motor Grand Prix musim 2021.

Francesco Bagnaia meraih kemenangan ketiganya musim ini pada MotoGP Algarve yang dihentikan lebih awal karena kecelakaan yang melibatkan pembalap KTM Iker Lecuona dan Miguel Oliveira.

Oliveira dibawa dengan tandu setelah dibawa keluar oleh pembalap Tech3 di Tikungan 13. Untungnya, jagoan tuan rumah berada dalam keadaan sadar setelah kecelakaan.

Sementara itu, Bagnaia menang dengan gaya dominan, bergabung di podium oleh Joan Mir dan Jack Miller.

Hasil ini juga berarti Bagnaia dan Mir dipastikan berada di urutan kedua dan ketiga di belakang Fabio Quartararo dalam klasemen kejuaraan dunia 2021, pada hari ketika pria Prancis itu mengalami DNF pertamanya musim ini.

Kecelakaan itu juga menyerahkan gelar konstruktor ke Ducati, sementara pertarungan dengan Yamaha untuk kejuaraan dunia tim akan ditentukan di Valencia akhir pekan depan.

Setelah sempat dilewati oleh rekan setimnya Jack Miller di Tikungan 1, Bagnaia segera merebut kembali keunggulan dan tidak pernah menoleh ke belakang.

Mir juga menekan meskipun untuk kedua dan awalnya terus berpacu dengan Italia saat mereka menarik sedikit celah di atas lapangan. Tapi kecepatan pabrikan Ducati terbukti terlalu banyak untuk pebalap Suzuki, yang mulai kehilangan kontak dengan Bagnaia dan jatuh kembali ke cengkeraman Miller dari lap 8 dari 25.

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Pembalap Australia itu tidak sendirian dengan Alex Marquez dari LCR Honda, rookie Pramac Ducati Jorge Martin, Quartararo dan Pol Espargaro dari Repsol Honda juga di belakangnya.

Marquez, pebalap teratas dengan ban belakang keras, menghasilkan balapan terbaiknya musim ini untuk melewati Miller untuk posisi ketiga tepat sebelum tahap pertengahan.

Namun, pembalap Australia itu berusaha keras dan mulai bersaing dengan mantan rivalnya di Moto3 dengan 7 lap tersisa dan akhirnya merebut kembali posisi tersebut.

Quartararo berjuang untuk membuat kemajuan melalui paket, tergelincir ke ketujuh setelah ketakutan di Tikungan 13 di tahap tengah sebelum memulai tahap penutupan terjebak di belakang Pramac Ducatis dari Zarco dan Martin.

Tapi untuk pertama kalinya musim ini pembalap Prancis itu tidak melihat bendera kotak-kotak, turun dari posisi keenam dengan lima lap tersisa.

Marc Marquez, pemenang dua putaran MotoGP terakhir, melewatkan acara tersebut setelah masih merasa ‘tidak sehat’ beberapa hari setelah mengalami ‘gegar otak ringan’ saat berlatih dengan sepeda off-road. Marquez digantikan oleh pembalap penguji Stefan Bradl.

Opsi ban depan keras diuba dari versi asimetris yang tidak disukai yang dipilih untuk putaran Portimao April, menjadi kompon keras simetris (yang lebih keras daripada ban depan 2020).

Tetapi suhu yang dingin membuat semua pengendara berlomba di bagian depan sedang, dengan pembagian yang kira-kira sama antara bagian belakang opsi menengah dan keras.

Final musim 2021, yang juga menjadi balapan MotoGP terakhir dalam karier Valentino Rossi, akan digelar di Valencia akhir pekan depan.

(Arsa)

Check Also

Pertandingan Liga Italia, AS Roma vs Cagliari: Giallorossi Menang 1-0

  ROMA – AS Roma berhasil mengalahkan Cagliari 1-0 di giornata ke-22 Liga Italia musim ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup