10 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh
Mangga kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K dan kalium.

 

Metrobanten, Kesehatan – Mangga menjadi salah satu buah yang, bukan saja lezat–bagi yang menyukai buah ini–melainkan juga padat nutrisi. Si raja buah ini tak hanya populer karena rasa dan warnanya yang cerah, namun manfaatnya bagi kesehatan pun beragam.

Mangga kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K dan kalium. Buah ini membantu mengurangi risiko kesehatan terkait gaya hidup seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Baca juga: Kenali Manfaat Obat Kumur untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dari Sariawan

Selain mengurangi risiko dari penyakit-penyakit tersebut, mangga juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Berikut manfaat kesehatan ketika Anda mengonsumsi mangga.

Buah ini sebenarnya kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit. Jika Anda teliti, sekarang ini telah banyak perawatan kulit yang menambahkan ekstrak mangga di dalamnya.

Baca juga: Manfaat Wortel Tak Cuma Menyehatkan Mata, Tapi untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Berikut ini beberapa manfaat mangga yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

1.Mencegah jerawat. Manfaat buah mangga yang pertama adalah dapat mencehah jerawat. Mengoleskan bulir mangga pada kulit akan membantu membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat.

Ekstrak mangga akan membantu menjaga agar kulit Anda sehat dengan membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

Selain itu, mango butter merupakan pelembap yang baik untuk kulit sensitif. Mango butter bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulit Anda.

2.Menyehatkan kulit. Buah mangga memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi karena kaya vitamin, mineral, hingga antioksidan. Anda akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan banyak lagi yang selain menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit Anda.

3.Meredakan inflamasi pada kulit Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.

4.Mendorong terbentuknya kolagen Vitamin A dan C membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat tubuh.

5.AHA menghilangkan sel kulit mati Alpha hydroxy acid atau AHA pada mangga juga merupakan eksfoliator kimia alami yang baik untuk kulit Anda. Bahan ini akan membantu menghilangkan kulit yang kusam dan kering serta membuatnya menjadi lebih segar dan sehat.

6.Mencegah kanker Mangga memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat. Penelitian di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker).

The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang hubungan yang kuat makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

7.Bantu menambah berat badan Mengonsumsi mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150 g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mereka mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Milkshake mangga akan mempercepat proses penambahan berat karena mereka juga mengandung susu.

8.Mengatasi masalah pencernaan Manfaat mangga memainkan peran penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan keasaman berlebih. Enzim pencernaan di dalamnya membantu mempromosikan pencernaan alami yang efisien. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehid berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

9.Menyembuhkan anemia Mangga kaya zat besi, yang membuat buah ini bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Asupan yang teratur dan dimoderasi dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik yang dibuat dari mangga dalam obat herbal China dikenal sebagai tonik yin, dan digunakan untuk mengobati anemia, gusi berdarah, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

10.Menunda penuaan Khasiat buah mangga membantu menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh, karena mangga mengandung banyak vitamin A dan C. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan alami. Oleh karena itu, mangga benar dapat disebut makanan anti-penuaan. (***)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Potensi Kerawanan Banjir di Kelapa Dua

Bupati Zaki Tinjau Potensi Kerawanan Banjir di Kelapa Dua

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meninjau lokasi yang menjadi potensi terjadinya ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup