Walikota Tangsel : Laporan LKPJ 2018, PAD Lampaui Target

Metrobanten, Tangsel – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menghadiri Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ)  Walikota Tangsel tahun 2018 bertempat di gedung DPRD ruang rapat lantai II Jl. Raya Puspitek No.1 Kecamatan Setu, Senin (25/3/19).

Dalam sambutannya Airin Rachmi Diany mengatakan, Laporan LKPJ Ini merupakan amanat dari peraturan pemerintah No. 3 Tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan  pemerintahan daerah kepada pemerintah, laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan informasi laporan kepada masyarakat.

“Substansi LKPJ merupakan laporan yang berupa informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran,  yang meliputi arah kebijakan umum pemerintahan kota Tangsel, pengolahan keuangan daerah secara  makro, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Penyelengaraan urusan desentralisasi penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas pemerintahan,” ujarnya

Airin menambahkan, pelaksaan anggaran APBD tahun anggaran 2018 sudah berpendoman pada rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2018 dan mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD )Tangsel tahun 2016-2021 serta RPJMD -2025 yang diimplementasikan dalam pelaksaan urusan wajib, dan urusan pilihan serta pelaksanaan tugas umum pemerintahan.

Penyelenggaraan urusan pemerintahan Tahun 2018 diarahkan untuk mewujudkan visi dan misi sebagai mana yang tercantum dalam Perda No 9 Tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Tangsel Tahun 2016 -2021 sebagai Visi terwujudnya Tangsel sebagai kota cerdas berkualitas dan berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi.

“Misi mengembangkan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing, meningkatkan infrastruktur kota yang fungsional, menciptakan kota yang layak huni berwawasan lingkungan, mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis inovasi dan produk unggulan, meningkatkan tata kelolah pemerintahan yang baik berbasis teknologi dan informasi,” ujarnya.

Mengacu pada prioritas program sesuai LKPJ tahun 2018 yang menjadi fokus  pelaksanaan pembangunan daerah adalah sebagai berikut : prioritas satu meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana perkotaan, prioritas dua meningkatkan penyelenggaraan tata kelolah pemerintah berbasis teknologi dan inovasi, prioritas tiga peningkatan daya saing perekonomian daerah, prioritas akses pelayanan pendidikan dan kesejahteraan sosial, pengembang kualitas dan kompetensi sumber daya manusia.

Airin menambahkan Kesimpulannya  satu pendapatan sejalan dengan arah kebijakan penganggaran dibidang pendapatan pemerintah Tangsel berupaya terus meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pajak daerah, retribusi daerah dan lain lain. Pendapatan asli daerah yang sah, dengan menimbangkan kemampuan meningkatkan kapasitas fiskal daerah namun tidak terlalu membebani masyarakat.

Dalam penjabarannya, Airin mengatakan  bahwa Pendapatan Tangsel pada Tahun 2018 semuanya melebihi target yang diharapkan.
 
“Sebagaimana yang tertuang dalam APBD sebesar 3, 1 triliun lebih dan dapat direalisasikan sebesar 3,2 triliun lebih atau mencapai 102,92 % kemapuan target  sebesar 91 miliar atau 2,92 % realisasi  PAD target telah melampaui target yang diharapkan,” tukasnya.
(Dli)

Check Also

Stok Sembako di Kota Tangerang Masih Cukup dan Aman

Post Views: 850 Metrobanten, Kota – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.