SPORTS

Verstappen Memenangkan Grand Prix Prancis, Leclerc Tersingkir

Verstappen Memenangkan Grand Prix Prancis, Leclerc Tersingkir
Verstappen Memenangkan Grand Prix Prancis, Leclerc Tersingkir.

 

MetroBanten, F1 – Max Verstappen mengambil langkah besar untuk mempertahankan gelar Formula 1-nya setelah memenangkan Grand Prix Prancis yang hingar-bingar di depan Lewis Hamilton, ketika saingan utamanya Charles Leclerc membuang peluangnya dengan kecelakaan akhir balapan yang dramatis.

Leclerc tampaknya siap untuk mengendalikan setelah memimpin lebih awal dari pole dan telah bertahan dari serangan Verstappen sebelum balapannya dan tawaran kejuaraannya – mengalami perubahan besar pada lap ke-18 berkat kesalahan yang mahal.

Temperatur trek yang tinggi berarti manajemen ban adalah kunci di Le Castellet, dan setelah Verstappen diadu di Lap 17, terserah Leclerc untuk merespons.

Dikutip dari laman Formula1.com, Sebuah jepretan oversteer yang kejam di Tikungan 11 menandai akhir dari balapannya  dan menandakan jeritan frustrasi sebelum mengeluarkan Safety Car.

Verstappen tetap berada di luar dan mewarisi keunggulan, Hamilton dan Sergio Perez dari Red Bull mengadu dan mengejar untuk memulai kembali.

Pemimpin kejuaraan Verstappen memimpin dengan nyaman ketika balapan dilanjutkan pada Lap 22, membuka selisih empat detik atas Hamilton pada Lap 30 dari 53 dan akhirnya menang dengan selisih lebih dari 10 detik. Perez kehilangan P3 dari Hamilton di awal balapan dan tidak bisa mengimbanginya.

Dia tetap tampak favorit untuk finis ketiga tetapi setelah Virtual Safety Car terlambat – dipicu oleh penghentian on-track Zhou Guanyu di Alfa Romeo dia kehilangan podium terakhir dari Mercedes tepat saat VSC berakhir pada Lap 50.

Perez dan Russell sebelumnya melakukan kontak di Tikungan 8  tidak ada penalti yang diterapkan – dalam pertarungan sengit untuk naik ke mimbar, yang berakhir dengan pasangan yang hanya dipisahkan 0,8 detik oleh bendera.

Pembalap Hari Ini Carlos Sainz memulai dari posisi 19 dengan penalti mesin, tetapi dengan Ferrari-nya dengan ban keras, dia berhasil masuk 10 besar pada Lap 14.

BACA JUGA: Charles Leclerc Rebut Pole Pertama di Grand Prix Prancis

Dia mengadu posisi medium selama Safety Car, tetapi pelepasan yang tidak aman menyebabkan dia melakukan stop- pergi penalti dan pitting lagi untuk media pada Lap 43. Dia melewati Alpines dan McLarens untuk menyelesaikan kelima di bendera kotak-kotak.

Fernando Alonso dari Alpine melewati Lando Norris lebih awal dan tetap di urutan keenam, di depan kedua McLarens untuk sebagian besar balapan, menahan mereka untuk rekan setimnya Esteban Ocon untuk mengambil P7 dari Daniel Ricciardo setelah Safety Car dimulai kembali.

McLaren memulai level sore dengan poin dengan Alpine tetapi, dengan Norris finis ketujuh dan Ricciardo kesembilan, Alpine bergerak maju di klasemen menuju ke Hungaria.

Lance Stroll melengkapi 10 besar setelah menang dalam pertempuran awal – dan putaran terakhir yang mengancam akan mendidih – melawan rekan setim Aston Martin yang berada di posisi ke-11, Sebastian Vettel untuk poin terakhir.

Pierre Gasly beralih dari ban keras ke medium di Safety Car restart dan finis ke-12, di depan Alex Albon pebalap Williams akhirnya kalah dari AlphaTauri.

BACA JUGA: Lewis Hamilton Cukup Senang P4 Dalam Grid di Grand Prix Prancis

Valtteri Bottas dari Alfa Romeo finis di urutan ke-14 dengan strategi hard-hard-medium, sedangkan Haas dari Mick Schumacher adalah yang terakhir finish di P15, pebalap Jerman itu mengalami putaran dalam insiden dengan Zhou sebelum titik setengah jalan.

Yuki Tsunoda berputar lebih awal setelah diketuk oleh Ocon Alpine, pembalap AlphaTauri menjadi yang pertama mundur dari balapan pada Lap 17 dengan kerusakan.

Kevin Magnussen berhasil dari 20 ke 14 setelah Safety Car restart, tetapi kontak dengan Williams ‘Nicholas Latifi melihat Dane mundur ke pit untuk pensiun sebelum Lap 40, Latifi mengikuti beberapa lap kemudian.

Tempat kelima belas Haas finisher Mick Schumacher disadap oleh Zhou di Tikungan 11 pada Lap 22 segera setelah Safety Car.

Setelah dihukum karena bentrokan, Zhou akhirnya berhenti di Lap 50 dengan kegagalan mekanis dan diklasifikasikan ke-16.

Nicholas Latifi dari Williams mencoba bergerak pada Kevin Magnussen dari Haas pada Lap 38, tetapi dengan pemain Denmark itu kehabisan ruang, pasangan itu melakukan kontak.

Tsunoda adalah pembalap pertama yang mundur dari balapan berkat tabrakan awal, yang berarti AlphaTauri tidak mencetak poin dengan mobil mereka yang diperbarui di Prancis.

Jadi saat Mercedes mengambil podium ganda pertama mereka musim ini, Verstappen meregangkan kaki kejuaraannya di Paul Ricard tetapi berita utama akan fokus pada Leclerc dan Ferrari yang goyah di Prancis.

(Arsa – Sumber: Formula1)

Back to top button