SPORTS

Charles Leclerc Rebut Pole Pertama di Grand Prix Prancis

Charles Leclerc Rebut Pole Pertama di Grand Prix Prancis
Charles Leclerc Rebut Pole Pertama di Grand Prix Prancis.

 

MetroBanten, F1 – Charles Leclerc mengambil posisi pole pertama Ferrari di Paul Ricard sejak 1990, sementara saingannya Max Verstappen akan bergabung dengannya di barisan depan untuk Grand Prix Prancis 2022.

Dengan matahari terik di Sirkuit Paul Ricard, Leclerc memuncaki Q1 di depan Verstappen sementara Carlos Sainz, yang akan start dari belakang untuk penalti mesin , mengungguli Q2 dengan lap yang menakjubkan.

Dilansir dari laman Formula1.com, Q3 melihat Leclerc menikmati derek dari Sainz untuk kedua lap terbangnya, Monegasque meningkat menjadi 1m 30,872s untuk membuat Verstappen tertinggal 0,304s. Sergio Perez finis ketiga, terpaut 0,159 detik dari rekan setimnya, sementara Lewis Hamilton naik ke P4 dengan catatan terakhirnya.

BACA JUGA: Lewis Hamilton Cukup Senang P4 Dalam Grid di Grand Prix Prancis

Lando Norris berhasil membagi Mercedes di P5 untuk McLaren saat ia menjatuhkan George Russell ke P6.

Fernando Alonso start dari posisi ketujuh tepat di belakang Norris – baik Alpine dan McLaren memiliki poin yang sama di depan GP Prancis – sementara Yuki Tsunoda lolos ke urutan kedelapan.

Sainz mengorbankan Q3-nya untuk mengambil P9 untuk Ferrari tetapi, berkat penalti mesin, akan mulai dari belakang dengan Kevin Magnussen, yang berhasil mencapai Q3 tetapi tidak muncul di sesi tersebut.

Daniel Ricciardo ketinggalan di Q3 dengan kurang dari sepersepuluh detik di P11, sementara Esteban Ocon lolos P12 di jalan untuk Alpine di kandang. Valtteri Bottas finis di urutan ke-13 pada kualifikasi, meninggalkan Sebastian Vettel dari Aston Martin di urutan ke-14 dan Alex Albon dari Williams di urutan ke-15.

BACA JUGA: Carlos Sainz Ditetapkan untuk Penalti Grid 10 di GP Prancis

Pierre Gasly dan Lance Stroll (masing-masing 16 dan 17) ketinggalan di Q2 dengan 0,06 detik, sementara oversteer untuk Zhou Guanyu membuatnya finis di urutan ke-18 untuk Alfa Romeo. Pelanggaran singkat Mick Schumacher terhadap batas lintasan menjatuhkannya ke urutan 19 dan keluar dari Q1, sementara Nicholas Latifi berada di urutan ke-20.

Dengan penalti untuk Sainz dan Magnussen, tentu saja, mereka yang tersingkir di Q2 dan Q3 akan melihat peningkatan grid untuk balapan hari Minggu.

(Arsa)

Back to top button