Tingkatkan Rasa Kekeluargaan, Lapas Pemuda Bukber Bersama Ribuan WBP dan Petugas Lapas

Metrobanten, Kota  – Tingkatkan rasa kekeluargaan antar petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Tangerang, menggelar acara Buka Bersama (Bukber) yang bertempat di Lapangan utama Lapas Tangerang, Jumat (24/5/19) sore.

Kegiatan Buka Bersama ini dipimpin langsung oleh Kalapas Pemuda  Tangerang, Jumadi, serta dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan petugas pemasyarakatan Lapas Pemuda Tangerang bersama WBP.

Dalam acara Bukber tersebut terlihat ribuan WBP beserta para petugas pemasyarakatan mendapatkan nasi kotak yang disediakan dan dimasak langsung oleh para petugas di dapur Lapas Pemuda Tangerang.

“Ada sekitar 3.000 nasi kotak yang sudah dimasak untuk para petugas dan WBP. Hal ini merupakan simbol kebersamaan tanpa adanya diskriminasi yang membeda-bedakan status antara petugas dan WBP,”  tutur Jumadi sesaat setelah berbuka bersama kepada media.

Menurut Jumadi, momen berbuka bersama ini untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan silahturahmi kami antara petugas dengan WBP. Bulan puasa merupakan bulan penuh berkah dan bulan penuh ampunan. Untuk itu bukber ini dilakukan secara Akbar di lapangan agar kebersamaan lebih terasa.

“Pada intinya kita semua sama. Hanya yang membedakan mereka saat ini hanyalah status terpidana saja. Dan ini sebagai bukti bahwa tidak ada diskriminasi di Lapas Pemuda Tangerang. Kita sama-sama makan nasi kotak yang di masak bersama,” ujarnya lagi.

Dijelaskan Jumadi, nasi kotak tersebut disiapkan secara swadaya oleh para petugas pemasyarakatan. Sejak pagi, seluruh petugas saling bahu-membahu untuk menyiapkan nasi kotak dan snack untuk berbuka puasa yang akan dinikmati bersama.

“Sebetulnya acara bukber selama puasa selalu digelar setiap hari, namun hanya di blok masing-masing. Dan baru hari ini kita laksanakan secara akbar di lapangan,” tukasnya.

Sebelum berbuka, menurut Jumadi, semuanya telah dihibur  langsung oleh WBP dengan sajian musik-musik religi dari Lapasda Band, persembahan paduan suara para santri Pesantren AT- Taubah, penampilan drama dari santri Pesantren AT- Taubah, hingga hiburan Stand-up Comedy dari Mudy Taylor.

“Tadi kita telah dihibur oleh WBP sebelum berbuka. Selain itu ada tausiyah juga yang kita dengarkan bersama jelang berbuka,” katanya.

Acara yang digelar mulai dari pukul 16.30 WIB tersebut berjalan dengan lancar hingga berakhirnya acara. Acara kemudian ditutup dengan Shalat Maghrib berjamaah yang dilakukan oleh seluruh petugas pemasyarakatan Lapas Pemuda Tangerang.
 (Ds)

Check Also

Oknum Perwira Kompol IZ Kurir Sabu Jaringan Internasional, Kapolri Minta Proses Hukum Tegas

Oknum Perwira Kompol IZ Kurir Sabu Jaringan Internasional, Kapolri Minta Proses Hukum Tegas

  Metrobanten, Jakarta – Polri masih menelusuri kasus penyelundupan 16 kg sabu yang melibatkan oknum perwira Direktorat Reserse Kriminal ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup