Tim Sar Temukan Nelayan Pandeglang yang Hilang Terhantam Ombak di Perairan Sumur

Tim Sar Temukan Nelayan Pandeglang yang Hilang Terhantam Ombak di Perairan Sumur
Korban yang hilang pada Rabu (10/3/2021) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan mengapung di laut oleh tim pencarian.

 

Metrobanten, Pandeglang – Tim SAR gabungan berhasil menemukan nelayan asal Kabupaten Pandeglang yang dilaporkan hilang dihantam ombak besar, di Perairan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Rabu, 10 Maret 2021 lalu.

Setelah tiga hari tim pencarian gabungan melakukan pencarian terhadap Udin Nurdin (49) warga Kampung Marga Hayu, Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang yang hilang di perairan Sumur akhirnya membuahkan hasil.

Korban yang hilang pada Rabu (10/3/2021) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan mengapung di laut oleh tim pencarian gabungan sekitar 5 kilometer dari lokasi pertama kejadian pada pukul 16.40 WIB.

Baca juga: Polisi Tangkap Seorang Penjual Obat Keras di Perumahan Bumi Serang Baru

“Mayat diketemukan oleh nelayan dan tersangkut di keramba ikan di sekitar pantai Legon Guru Desa Cigorondong Kecamatan Sumur,” jelas Kasat Polair Polres Pandeglang, AKP Dwi Hary Bagio saat dihubungi wartwan, Jumat (12/3/2021).

Nelayan Kabupaten Pandeglang yang dilaporkan hilang tersebut bernama Udin Nurdin (49), warga Kampung Margahayu, Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran.

Ia dilaporkan hilang oleh rekannya sesama nelayan bernama Alamsyah (26), warga Kampung Ketapang, Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, saat sama-sama melaut dalam satu perahu.

Baca juga: Tim Warung Jum’at Polda Banten Salurkan Paket Sembako ke Panti Asuhan Baiturrahman

Alamsyah menyampaikan bahwa saat ombak besar datang menerjang Perahu Ting-ting yang mereka gunakan melaut pada hari Rabu, 10 Maret 2021 lalu, rekannya sesama nelayan, Udin Nurdin hilang ditelan ombak laut.

Menerima laporan Alamsyah, tim gabungan yang terdiri dari Kansar Banten, Polair Banten Pos Sumur, Lanal Banten Pos Sumur, Polsek Sumur, Koramil Sumur, BPBD Provinsi Banten, BPBD Kabupaten Pandeglang, HNSI Sumur, Terumbu Karang SAR dan masyarakat, langsung melakukan upaya pencarian.

Setelah 3 hari melakukan pencarian, Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Udin Nurdin (49), nelayan yang dilaporkan hilang di Perairan Sumur, Kabupaten Pandeglang dalam keadaan tidak bernyawa. 

“Korban (Udin Nurdin) yang sebelumnya dilaporkan hilang sudah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa,” ujar Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin kepada KabarBanten.com, Jumat, 12 Maret 2021.

Jasad korban, kata dia, ditemukan di Perairan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Jumat, 12 Maret 2021, sekitar pukul 16.50 WIB oleh Tim SAR gabungan yang masih melaksanakan proses pencarian.

“Jarak lokasi ditemukan dengan TKP kurang lebih 2.36 NM (nautical mile),” ujar Zaenal Abidin.

Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banten, Hairoe Amir Abyan menambahkan, korban (Udin Nurdin) sudah ditemukan dan dibawa ke rumah duka.

“Korban ditemukan Tim SAR gabungan saat melaksanakan operasi pencarian tepat di hari ketiga korban dilaporkan hilang,” ujar Hairoe. (red)

Check Also

5 Keutamaan Membaca Al-Qur'an di Bulan Suci Ramadhan

5 Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan

  Hikmah – Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu kedatangannya oleh umat Islam karena terdapat banyak ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup