Tidak Memiliki IMB : Bangunan Milik Bupati Buru Selatan Disegel Satpol PP

Metrobanten, Tangsel – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan menyegel bangunan tanpa IMB milik Bupati Buru Selatan, Maluku.

Bagunan  yang di duga milik Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono terletak di Jl. Alip Gede Perumahan Cendana Kelurahan Serua Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di segel pada Jumat (4/1/19).

Sekitar pukul 14.00 WIB, tampak sejumlah anggota Satpol PP Tangsel mendatangi kontrakan tersebut.

Seorang Buruh Suratman mengatakan rencananya bangunan milik Bupati Buru Selatan itu akan dibangun kontrakan 36 pintu dengan luas tanah 1.001 meter.

“Sudah mulai dikerjakan dari habis Lebaran 2018, terus berhenti pas November, dimulai lagi sebelum Tahun Baru,” ujarnya.

Para petugas yang telah mengantogi surat tugas dan sebelumnya telah melakukan peneguran terhadap pemilik bangunan terpaksa melakukan penyegelan Bagunan 2 lantai yang sedang dalam proses pembangunan.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Muksin mengatakan, bahwa pemilik bangunan tersebut sebenarnya sudah kita mintai keterangan, dia bilang tidak tahu prosesnya seperti apa sehingga kita berikan penjelasan harus memiliki Ijin Mendirikan Bagunan(IMB)  terlebih dahulu untuk membangun.

“Namun entah kenapa kemarin sekitar tanggal 30 Desember tiba-tiba mereka melanjutkan pembangunan, ketika kita cek mereka baru memiliki IPT (ijin pemanfaatan tanah) belum IMB, untuk itu hari ini kita lakukan penyegelan terhadap proses pembangunan tersebut agar tidak dilanjutkan sebelum adanya IMB,” katanya.

Menurut Muksin, seharusnya seorang Bupati mengerti proses perijinan pembangunan. Pihaknya berharap masyarakat harus sadar hukum, terlebih lagi tokoh masyarakat harusnya lebih menjadi panutan, menjadi contoh.

“Contoh bagi masyarakat, kalau pimpinan seperti itu, bagaimana rakyat bisa mengikuti,” tukas

Adapun pelanggaran yang mereka lakukan adalah pasal 13A perda no. 6 tahun 2013 tentang perubahan atas perda no. 5 tahun 2013 tentang bangunan gedung, jadi bahwa setiap orang atau badan ketika ingin melakukan pembangunan atau merehab itu harus memiliki ijin dari Walikota Tangsel terlebih dahulu.
(Dli)

Check Also

Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polda Banten akan Gelar Vaksinasi Massal

Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polda Banten akan Gelar Vaksinasi Massal

  Metrobanten, Serang – Dalam Rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 dan percepatan vaksinasi Covid-19, Polda ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup