BANTENKESEHATANNEWSTANGERANG RAYA

Sempat Mati Suri,  PMI Ranting Kecamatan Pinang Kembali Menggelar Donor Darah

Metrobanten – Palang Merah Indonesia (PMI) ranting Kecamatan Pinang, Kota Tangerang menggelar donor darah yang dibuka secara umum di aula Kecamatan, Selasa (3/4/18).

Ketua koordinator PMI ranting Kecamatan Pinang Mumu Rohimu mengatakan, kegiatan donor darah ini, kegiatan ini dilaksanakan karena adanya permintaan masyarakat lantaran telah lama tidak dilaksanakan ada donor darah.

“Ya, kami memang sudah lama mati suri sejak 2015 dan baru hari ini kembali melaksanakan. Ini giat pertama di tahun 2018,” katanya.

Menurut Mumu, pihaknya telah menindaklanjuti permintaan warga, karena kami berpikir, dari pada mereka datang ke Kota Tangerang, alangkah indahnya kalau di Kecamatan Pinang ada.

Dia melanjutkan, pihaknya bersama PMI Kota Tangerang berencana akan melakukan kegiatan donor darah secera rutin, dengan jeda waktu tiga bulan sekali.

“Rencananya kita akan lakukan tiga bulan sekali, tapi setelah kita konsultasikan, ternyata bisa juga dilakukan sebulan sekali, namun degan cara rolling dan jika memang begitu, kita akan lakukan disetiap kelurahan-kelurahan,” ujar Mumu.

Mumu juga menuturkan, pendonor darah aktif di PMI ranting Kecamatan Pinang berjumlah lebih kurang 200 orang, minimal dari setiap kegiatan menargetkan 100 kantung darah.

“Hari ini kita mendapatkan 34 kantung, dari jumlah 62 orang pendonor yang hadir karena tidak semua orang itu harus melalui pemeriksaan fisik terlebih dahulu,” tegasnya.

Sementara warga Nina Herlina (51) RT 09/01, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang mengatakan, pihaknya memang sering melakukan donor darah di kantornya, sebelumnya ia juga pernah mengikuti donor di PMI Kecamatan Pinang.

“Saya baru dua kali melakukan donor, kebetulan disini saya juga terlibat dalam kepengurusannya sebagai anggota aktif,” terang Nina.

Dia melanjutkan, kegiatan yang dilakukan oleh PMI Kecamatan Pinang ini cukup baik, sebab darah yang didonorkan bisa menyelamatkan banyak nyawa orang lain,dengan setetes darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan beberapa orang.   (ades)

Back to top button