Pj Gubernur Dampingi Wapres Meninjau Agroeduwisata Guler Nature Farm

Pj Gubernur Dampingi Wapres Meninjau Agroeduwisata Guler Nature Farm

Metrobanten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin Meresmikan Agroeduwisata Guler Nature Farm di Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/10/2022).

Agroeduwisata ini menawarkan pengalaman dan pengetahuan bertani yang menyenangkan. Menjadi percontohan pengembangan dan pengelolaan lahan pertanian modern.

“Hari ini kita mendampingi Bapak Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada peresmian Agroeduwisata Guler Nature Farm,” ungkap Al Muktabar. Dikatakan, kawasan itu menjadi spot agro wisata, kuliner, dan pendukung lainnya untuk perkembangan pertanian dalam arti luas. 

“Wisata ini sifatnya edukasi. Jadi akan digulirkan proses tanam, proses pemilihan bibit, dan  seterusnya. Masyarakat bisa belajar di sini. Mudah-mudahan ini menjadi satu pusat baru dari wisata yang berbasis edukasi khususnya agro,” ungkap Al Muktabar.

“Ini partnership dengan masyarakat sekitar, jadi kita akan berdayakan juga. Ini bagus sekali kalau kita dorong bersama,” pungkasnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 15.25. Selain Pj Gubernur Al Muktabar, terlihat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wapres KH Ma’ruf Amin mengaku bersyukur dengan terwujudnya tempat wisata yang murah meriah bagi masyarakat.

“Ternyata ketika kita menghadapi pandemi dan menjelang krisis pangan, bantalannya adalah pertanian,” ujar Wakil Presiden Ma’ruf Amin usai meninjau Guler Farm Nature, di Desa Kandawati, Tangerang, Banten, Rabu sore (05/10/2022).

Menurutnya, negara Indonesia kaya akan komoditas. Yang diperlukan hanyalah cara untuk terus berinovasi agar hasil produksi pertanian dapat lebih melimpah.

“Di Papua Barat terdapat lebih dari 125 macam pisang. Itu di Papua Barat saja. Artinya, kita itu kaya sekali, tetapi kurang dikembangkan. Oleh karena itu, saya berharap terus dikembangkan. Jangan ada lahan yang tidur dan jangan ada tenaga yang nganggur,” tegas Wapres.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berjanji akan terus mengembangkan inovasi pertanian di seluruh daerah di Indonesia.

“Wapres selalu perintahkan agar jangan cuma di tempat itu, di sekitarnya juga [dibangun]. Kami siap,” ucapnya semangat.

Di sisi lain, Mentan melaporkan, ketahanan pangan di Indonesia saat ini cukup baik dan telah diakui dunia.

“Rice research international memberikan penghargaan kepada Presiden atas resilensi dan sistem food security (keamanan pangan) di Indonesia,” ungkapnya.

Sebelumnya, didampingi Mentan, Wapres tampak antusias mengelilingi Agroeduwisata Guler Farm Nature dan menyimak penjelasan dari Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Ali Jamil.

Wapres pun mengapresiasi ide untuk mengubah lahan persawahan seluas 3 hektare ini menjadi tempat wisata merakyat yang menawarkan pesona pemandangan persawahan, dilengkapi dengan percontohan sistem digital farming dan rumah kaca sebagai edukasi kepada masyarakat, titik swafoto yang instagrammable, restoran, dan coffeeshop.

Selain itu, kawasan ini juga dilengkapi dengan musala, toilet, dan area parkir luas.

Turut hadir mendampingi Wapres pada peninjauan ini, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Investasi Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (*)

Back to top button