Pj Gubernur Banten Salurkan Bantuan Sosial di Kota Tangsel

Pj Gubernur Banten Salurkan Bantuan Sosial di Kota Tangsel
Pj Gubernur Banten Salurkan Bantuan Sosial di Kota Tangsel

Metrobanten – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan di halaman kantor Kecamatan Pondok Aren, Rabu, (7/2/2024).

Kegiatan itu merupakan rangkaian Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak Pemerintah Provinsi Banten di Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya Al Muktabar menyampaikan, penyaluran bantuan sosial merupakan implementasi dari berbagai aspirasi masyarakat. Sehingga menjadi program Pemprov yang akan dipertahankan dan dioptimalkan.

“Beragam jenis bantuan yang kita berikan di 8 kabupaten/kota termasuk Kota Tangerang Selatan ini dan bantuan itu menjawab apa yang bapak ibu usulkan,” ungkap Al Muktabar.

BACA JUGA: Dua Warga Pamarayan Hibahkan Lahan ke Pemkab Serang

Ia menyebutkan, pengusulan penyaluran bantuan  ini dilakukan dengan pendekatan Bottom Up, dimana seluruh usulan dan pengelolaan program berasal dari masyarakat yang dituangkan kedalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten.

“Sebelumnya kita telah memformulasikan perencanaannya yang dituangkan ke APBD Provinsi Banten bersama DPRD,” jelasnya.

“Dimana bantuan ini berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” lanjutnya.

Maka dari itu, ia berharap bantuan ini dapat meningkatkan kemandirian masyarakat. Sehingga mampu percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kita tingkatkan layanan dasar kesehatan, pendidikan dan infrastruktur lainnya. Karena kita bersama-sama untuk pembangunan Provinsi Banten sehingga menghasilkan masyarakat sejahtera”, katanya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana berharap kepada masyarakat penerima bantuan agar bantuan yang diberikan dapat digunakan sesuai kebutuhan dan peruntukannya sehingga bantuan sosial ini bermanfaat bagi masyarakat

“Jangan dilihat dari nilai besarannya tapi lihat dari kebersamaannya, bahwa pemerintah hadir memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat”, ungkap Nurhana.

BACA JUGA: Pilar Ingin Pelaku UMKM di Tangsel Terus Tingkatkan Kualitas

Sebagai informasi, Pemprov Banten telah melakukan penyaluran bantuan sosial di 8 kabupaten/kota. Kota Tangerang Selatan merupakan titik terakhir dari rangkaian ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak  putaran 1 di Provinsi Banten Tahun 2024.

Sama seperti di kabupaten/kota lain, bantuan sosial yang disalurkan di Kota Tangerang Selatan ini diantaranya bantuan bagi penyandang disabilitas, bantuan jaminan sosial, bantuan usaha ekonomi kreatif, bantuan anak stunting, bantuan kemiskinan ekstrem dan penyerahan sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi UMKM. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button