Perkuat Ketahanan Pangan: Pemkot Tangerang Terus Sosialisasikan Berkebun Kepada Warga

Perkuat Ketahanan Pangan: Pemkot Tangerang Terus Sosialisasikan Berkebun Kepada Warga
Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Kelurahan terus mensosialisasikan dan merealisasikan kegiatan berkebun dengan memanfaatkan lokasi yang ada di sekitar pekarangan rumah.

 

Metrobanten, Tangerang – Meningkatkan ketahanan pangan keluarga secara mandiri Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Kelurahan terus mensosialisasikan dan merealisasikan kegiatan berkebun dengan memanfaatkan lokasi yang ada di sekitar pekarangan rumah maupun kantor.

Seperti yang dilakukan pegawai Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh yang melakukan budidaya ikan Nila dan Lele serta menanam tanaman produktif dengan sistem pertanian aquaponik yang menggunakan bahan sederhana dan memanfaatkan bahan bekas di sekitar.

Baca juga: RPS siap Beroperasi, Arief: OTG Tidak Diperbolehkan Isolasi Mandiri di Rumah

“Awalnya belajar dari youtube liat-liat lama-lama tertarik juga. Alhamdulillah sekarang udah ada hasilnya. Mulai dari perlengkapan yang sedikit mahal sampe sekarang yang menggunakan busa. Untuk menyemai, gelas air mineral sebagai wadahnya lalu ember bekas dan terpal untuk budidaya ikan,” ucap Lurah Cipondoh Makmur, Yoga Sektianto, Kamis (17/9/20).

Produk yang dihasilkan pun turut diberikan kepada warga sekitar kelurahan, terutama yang terdampak Pandemi Covid-19, sehingga bisa menekan biaya pengeluaran untuk belanja.

Baca juga: Sachrudin: Isolasi Mandiri Dirumah Sudah Tidak Diperbolehkan

“Kalau untuk dijual sih belum ya, sekarang tahapnya kami bagikan dulu ke warga sekitar kelurahan apalagi yang terdampak secara ekonomi baru sisanya kami masak di kantor dan dinikmati sama-sama pegawai,” lanjutnya.

DKP sebagai leading sektor pangan di Kota Tangerang pun, telah menyiapkan 380 ribu bibit yang disimpan di polybag untuk dibagikan kepada masyarakat.

Perkuat Ketahanan Pangan: Pemkot Tangerang Terus Sosialisasikan Berkebun Kepada Warga
Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh yang melakukan budidaya ikan Nila dan Lele.

 

“Kami bagikan bibit cabai, terong dan tomat. Program ini juga sebagai wadah membangun kesadaran masyarakat agar dapat membiasakan menanam secara mandiri untuk kebutuhan sendiri dan kalau lebih bisa berbagi sama tetangga,” ujar Kepala Dinas DKP Kota Tangerang Abduh Surahman, .

Warga yang mendapatkan bantuan bibit pun merasakan manfaatnya dan berharap agar tanamam yang ia tanam dapat tumbuh dengan subur.

“Semoga ini bisa cepat berbuah dan banyak ya, kan lumayan untuk sehari-hari jadi ga usah beli,” kata Riziana, Warga Kedaung Wetan. (Adv)

Check Also

KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Sejumlah Pejabat

KPK Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Sejumlah Pejabat

  MetroBanten, Jakarta – KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Musi Banyuasin Dodi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup