Pentingnya Menggunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Pentingnya Menggunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Metrobanten – Salah satu cara efektif menjaga kesehatan kulit adalah melindunginya dari sinar matahari. Menambahkan tabir surya dalam sebagai produk skincare harian akan membantu melindungi kulit dari ancaman bahaya sinar UV.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai melindungi kulit wajah dan menggali informasi tentang beragam bahan aktif dalam produk tabir surya Anda. Ada dua jenis tabir surya yaitu sunscreen dan sunblock. Apa perbedaan sunscreen dan sunblock?

Menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari sangat bermanfaat untuk mencegah efek paparan sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) dari matahari.

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan penuaan dini dan menjadi penyebab utama kulit terbakar.

Melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet merupakan tujuan utama penggunaan tabir surya. Setiap tabir surya memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor) yang berbeda-beda.

Nilai SPF mengindikasikan waktu yang dibutuhkan kulit hingga terbakar (sunburn) jika menggunakan produk tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa setinggi apa pun kandungan SPF dalam produk tabir surya tidak bisa mencegah paparan sinar matahari ke kulit sepenuhnya.

Pentingnya Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kulit jika terpapar terlalu lama. Ada dua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB. Bahaya kedua sinar ini adalah:

  • Sinar UVA: Masuk menembus ke jaringan kulit dan merusak sel, memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit dan flek-flek hitam.
  • Sinar UVB: Merusak permukaan kulit dengan membuat kulit terbakar.

Nah, tabir surya diciptakan untuk melindungi kulit dari kedua sinar UV ini. Di dalam tabir surya terdapat bahan aktif yang bermanfaat untuk perlindungan kulit, terutama kulit wajah. Di bulan Ramadan, manfaat dari tabir surya semakin dibutuhkan karena mobilitas di luar ruangan yang semakin tinggi, baik untuk acara ibadah maupun silaturahmi. Berikut ini adalah berbagai manfaat dari tabir surya, terutama di cuaca panas saat musim kemarau.

Tujuan Menggunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas

Sinar UVB memang diperlukan kulit untuk membantu meningkatkan pembentukan vitamin D. Namun, radiasi sinar UVB yang terlalu tinggi dapat menimbulkan risiko kulit terbakar bahkan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit melanoma.

Berbagai kondisi tersebut dapat dihindari atau dikurangi dengan mengoleskan tabir surya ke kulit, terutama saat berada di luar ruangan pada siang hari. Meski demikian, jangan asal pilih produk tabir surya. Pastikan Anda memilih tabir surya dengan kandungan SPF yang tepat.

Memilih Tabir Surya yang Tepat

Tabir surya yang paling umum digunakan di Indonesia memiliki kadar SPF 30 atau lebih. SPF 30 mengindikasikan bawah kulit dapat bertahan 30 kali lebih lama di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn.

Menurut penelitian, tabir surya dengan SPF 30 bisa menghambat sekitar 97% sinar UVB, sedangkan SPF 50 menghambat sekitar 98% sinar UVB.

Selain memilih tabir surya dengan kandungan SPF yang tepat, ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan ketika membeli tabir surya, antara lain:

  • Pilih tabir surya dengan spektrum luas yang melindungi kulit dari paparan sinar UVB dan UVA.
  • Lihat tanggal kadaluarsa produk tabir surya pada kemasan. Beberapa zat dalam tabir surya mungkin mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu.
  • Pilih tabir surya yang tahan air, terutama jika Anda akan melakukan kegiatan yang membuat Anda berkeringat atau dilakukan di air.

Cara Menggunakan Tabir Surya yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari menggunakan tabir surya SPF, Anda juga perlu memerhatikan cara pakainya. Berikut adalah beberapa cara menggunakan tabir surya saat beraktivitas:

  • Kocok kemasan tabir surya sebelum digunakan agar seluruh kandungannya tercampur rata.
  • Oleskan tabir surya SPF di kulit 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan agar tabir surya dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.
  • Jangan hanya mengoleskan tabir surya sekali pada awal aktivitas, pastikan Anda mengulanginya tiap 2 jam sekali.
  • Pastikan untuk selalu mengoles tabir surya ketika Anda menggunakan losion pemutih badan.
  • Jangan lupa mengoleskan tabir surya pada telinga, bahu, punggung, belakang lutut, dan siku.
  • Oleskan lagi tabir surya tiap kali selesai berolahraga, terutama olahraga yang membuat Anda banyak berkeringat di luar ruangan atau setelah melakukan olahraga air, seperti berenang.

Selain menggunakan tabir surya, lindungi kulit Anda dengan mengenakan celana panjang, baju lengan panjang, topi dan kacamata anti-UV untuk mencegah radiasi sinar matahari secara optimal.

Apabila Anda masih bingung dalam memilih dan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, konsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran mengenai jenis tabir surya yang cocok dengan kondisi kulit Anda.

(Arsa)

Back to top button