Pemkab Serang Gandeng Empat Perusahaan Bidang Pertanian

Pemkab Serang Gandeng Empat Perusahaan Bidang Pertanian
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai penandatanganan kerjasama dengan empat perusahaan pertanian di Pendopo Bupati.

Metrobanten, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui  Dinas Pertanian melakukan penandatanganan kerjasama dengan empat perusahaan bidang pertanian yang disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati, Rabu (31/03/2021).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang  Zaldi Dhuhana menjelaskan, melalui kerjasama tersebut, kualitas dan mutu gabah yang dipanen dapat terjaga dan mampu meningkatkan nilai jual padi. 

Empat perusahaan tersebut yakni, PT Agro Serang Berkah (ASB), PT Pupuk Indonesia Pangan (PIP), PT Agro Jabar (AJ), dan PT Jawara Indonesia Pangan (JIP)

Baca juga: Truk Pengangkut Paket Terbakar di Tol Tangerang-Merak

“Kerjasama dengan  PT ASB dan PT PIP untuk pengelolaan 6 unit combine harvester, sarana produksi agro solution dan penyerapan gabah petani. Sedangkan PT ASB dengan PT JIP dalam penyerapan gabah petani untuk bahan baku premium,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Ahad (4/4/2021).

Ia mengungkapkan, PT ASB dan PT AJ juga akan membantu petani terkait pembiayaan usaha tani jagung dan suplai jagung pipilan kering ke pabrik pakan di Kabupaten Serang. 

“Dukungan pengembang jagung di Serang dapat meningkatkan suplai bahan baku ke pabrik pakan di Kabupaten Serang,” tuturnya.

Baca juga: Keterbukaan Informasi Jadi Faktor Penting Kesuksesan Penanganan Pandemi

Zaldi berharap, hasil kerjasama tersebut bisa meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Serang. 

“Ujungnya adalah meningkatnya kesejahteraan petani,” katanya.

Direktur PT Agro Serang Berkah, Neneng Sri Hastuti Handayani mengatakan, melalui kerjasama tersebut, petani bisa terbantu mulai dari proses produksi hingga penjualan. 

“Petani tidak usah mikirin modal, proses panen dan penjualan sehingga bisa fokus untuk produksi pertaniannya saja,” imbuhnya.

Hasil dari kerja sama tersebut, kata Neneng, petani akan terbantu dengan alat yang disediakan oleh pihak perusahaan saat proses panen dan penjualan. 

“Melalui combine harvester lebih mempercepat proses panen dan penjualan pasti akan meningkat. Proses pemasaran pun dibantu oleh Kami,” katanya. (red)

Check Also

Pemkot Tangerang  Lakukan Penilaian Kompetensi Jabatan Pegawai

  Metrobanten, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup