Palang Pintu Meriahkan Kampung Pemuda Kecamatan Pinang

Metrobanten – Puncak peringgatan hari Sumpah Pemuda dalam acara kegiatan Kampung Pemuda Kecamatan Pinang di meriahkan dengan penampilan budaya palang pintu yang di selenggarakan di Kelurahan Kunciran Indah, Sabtu (4/11/).

Camat Pinang Agun mengatakan, ini merupakan puncak acara Kampung Pemuda yang sebelumnya telah dilaksanakan di sebelas Kelurahan, dimana seluruh lapisan masyarakat khususnya para pemuda turut di libatkan di dalamnya.

Dengan adanya Kampung Pemuda di Kecamatan Pinang diharapkan para pemuda-pemudi di Kecamatan Pinang dapat membudayakan dan melestarikan budaya dan adat warga Pinang (Betawi).

“Ini merupakan rangkaian acara puncaknya, dimana sebelumnya sudah di lombakan di tingkat Kelurahan” ujar Agun.

Lebih lanjuta, Agun menuturkan, budaya Palang Pintu dan Beksi merupakan budaya asli Betawi yang harus di lestarikan oleh warga Kecamatan Pinang. Untuk itu Kecamatan Pinang menggelar Kampung Pemuda sebagai wadah para pemuda-pemudi untuk menyalurkan bakat dan keahliannya.

“Kami Kecamatan mewadahi para pemuda dalam menyalurkan bakat dan keahliannya yang terpendam. Banyak pemuda yang memiliki bakat dan keahlian, namun tidak ada waktu untuk menuangkannya. Oleh karenanya Kecamatan Pinang menggelar Kampung Pemuda sebagai tempat mereka dalam menyalurkan bakat terpendam,” ungkap Agun saat memberikan sambutan.

Sementara Kasi Kesmas Kecamatan Pinang Trisnanto Hady menambahkan, kegiatan tersebut sudah dilaksanakan dua minggu sebelum acara puncak. Adapun yang diperlombakan kali ini ada 8 kategori diantaranya, lomba palang pintu, beksi, mural, karnaval, pinang talent, orasi kepemudaan, pinang ikon, karya tulis dan film indi.

“Ini sudah melalui seleksi yang dilakukan di kelurahan. Sedangkan untuk para pemenangnya kami akan memberikan pembinaan dan hadiah berupa uang. Kecamatan terus menggali bakat para pemuda yang ada di Kecamatan Pinang, bahkan pembianaan pun terus dilakukan,” tukasnya.(ades)

Check Also

Bupati Tangerang Batasi Jam Operasional Mall, Rumah Makan dan Tempat Wisata

Bupati Tangerang Batasi Jam Operasional Mall, Rumah Makan dan Tempat Wisata

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang keluarkan Surat Edaran (SE) yang berisi pembatasan jam operasional ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup