Musim Penghujan: Arief Tinjau Saluran Penyebab Genangan Air

Musim Penghujan: Arief Tinjau Saluran Penyebab Genangan Air
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meninjau langsung sejumlah saluran di titik lokasi yang kerap terjadi genangan air.

 

Metrobanten, Tangerang – Cuaca ekstrim dengan intensitas hujan yang tinggi masih terus terjadi di wilayah Kota Tangerang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini bahaya banjir untuk enam provinsi di Pulau Jawa pada 18 – 19 Februari.

Mengutip data BMKG, enam provinsi di Pulau Jawa berstatus siaga banjir, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sebagai langkah antisipasi, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang Decky Priambodo serta jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang meninjau langsung sejumlah saluran di titik lokasi yang kerap terjadi genangan air.

Baca juga: Korban Angin Puting Beliung di Kemiri Mendapat Bantuan dari Pemkab Tangerang

“Siang ini kami mengecek beberapa titik saluran, seperti di Jalan Hasyim Ashari, Jalan MH. Thamrin dan jalan Daan Mogot,” katanya, Kamis (18/2/2021).

“Kami memastikan saluran yang berada di jalur – jalur utama berfungsi dengan baik dan langsung kami lakukan normalisasi dengan membersihkan sampah serta lumpur pada saluran,” tambah nya.

Baca juga: Pemkot Tangsel Terima Donor Plasma Konvaselen Dari Polres dan Kodim 0506

Sebelumnya, Arief juga mengintruksikan dalam rapat yang diikuti oleh Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD serta Camat dan Lurah se – Kota Tangerang untuk melakukan pengecekan di setiap drainase yang berada di jalur utama maupun lingkungan sebagai langkah mengatasi genangan di Kota Tangerang.

“Segera periksakan saluran – saluran yang ada, saling berkoordinasi apabila ada permasalahan pada saluran agar bisa diperbaiki,” tukas Arief.

Untuk diketahui, berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah II, curah hujan di beberapa wilayah Kota Tangerang dengan intensitas ringan hingga lebat. Di mana curah hujan dipacu oleh suhu muka laut yang hangat, kondisi udara yang lembab hingga lapisan menengah, aktifnya gelombang atsmosfer dan adanya daerah konvergensi yang memicu pembentukan awan – awan konvektif. (Red)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup