Miliki Aplikasi Pos Duga Tinggi Muka Air, DPUPR Berharap Masyarakat Memanfaatkannya

Miliki Aplikasi Pos Duga Tinggi Muka Air, DPUPR Berharap Masyarakat Memanfaatkannya
Kepala DPUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono.

Metrobanten – Untuk menditeksi tinggi permukaan air sebagai peringatan dini bencana banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang sejak tahun 2022 memiliki aplikasi Pos Duga Tinggi Muka Air, yang dapat diakses masyarakat umum, Senin (26/2/24).

Kepala DPUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono mengatakan, sistem tersebut terdiri dari 14 titik Pos Duga Tinggi Muka Air berbentuk aplikasi dan alat pendeteksi tinggi muka air sebagai peringatan dini bencana air dengan mengakses aplikasi Pos Duga TMA melalui situs DPUPR Kota Tangerang di dpupr.tangerangkota.go.id . Selanjutnya, pilih Menu Pos Duga Air dan pilih Data Tinggi Muka Air.

Menurutnya, sistem informasi tinggi muka air, yang tersusun dan terorganisir serta dapat memberikan informasi secara realtime maupun periodik. Sistem informasi ini diperlukan sebagai deteksi dan peringatan dini bencana banjir sehingga dapat meminimalisasi risiko yang ditimbulkan dengan optimal. 

“Dari seluruh Pos Duga Tinggi Muka Air tersedia sensor pendeteksi ketinggian muka air secara otomatis dan akurat dan CCTV 24 jam. Informasi juga disalurkan melalui whatsapp blast secara cepat dan tepat. Terlebih, data yang dikirim cepat dan akurat ke seluruh OPD terkait untuk kebijakan penanganan banjir lanjutan,” paparnya.

Lebih lanjut, Ruta menghimbau  masyarakat Kota Tangerang untuk dapat menggunakan fasilitas ini, khususnya mereka yang tinggal dekat lokasi-lokasi Pos Duga TMA, atau mereka yang kerap dilanda musibah banjir. 

Miliki Aplikasi Pos Duga Tinggi Muka Air, DPUPR Berharap Masyarakat Memanfaatkannya

“Dengan ini, kita sama-sama bisa saling pantau dan informasikan secepat mungkin, untuk penanganan yang sedini mungkin. Sehingga risiko bencana akan kian terminimalisir,” imbaunya. 

Adapun 14 titik Pos Duga Tinggi Muka Air di Kota Tangerang: 

  1. Pintu Air Sarakan 
  2. Pondok Arum 
  3. Bulakan
  4. Kali Ledug 
  5. Jembatan Alamanda 
  6. Mutiara Pluit
  7. Taman Cibodas
  8. Embung Nusajaya 
  9. Jembatan Galeong 
  10. Jembatan Polor 
  11. Komplek DDN 
  12. Duren Villa 
  13. Puri Kartika 
  14. Cipulir Estate. 

(ADV)

Back to top button