Net

Timbangan Badan Kenapa Tidak Turun, Meski Sudah Olahraga Beban Berat

Metrobanten, Kesehatan – Konsistensi adalah kunci kesuksesan dalam meraih segala target, termasuk target menurunkan berat badan. Mengubah pola makan untuk satu-dua hari saja atau berolahraga secara acak tidak akan membuatmu mendapat hasil maksimal. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, kamu harus memahami apa yang terbaik dan dibutuhkan oleh tubuhmu serta bersabar.

Sebab, tentunya kamu tak akan bisa menurunkan berat badan hingga belasan kilogram hanya dalam waktu sebulan. Sekali lagi, hal terpenting adalah konsistensi. Jika kamu memutuskan melakukan olahraga angkat beban untuk menurunkan berat badan, pastikan kamu mengikuti cara olahraga yang tepat.

Segelintir orang seringkali mengeluh perihal berat badannya tak kunjung menyusut, padahal sudah jaga makan dan melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga yang dilakukan bahkan cenderung berat, yang konon lebih cepat membakar kalori.

Apabila kondisi ini terjadi pada Anda, sebaiknya hal-hal berikut ini Anda pahami terlebih dahulu. Mungkin itu yang jadi penyebab berat badan Anda tak turun-turun.

Perlu Anda ketahui bahwa olahraga dan menjaga asupan makan bukan faktor penentu Anda memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya lima hari yang lalu, pelatih kebugaran bersertifikat APKI (Aosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia), Dinda Utami Sasetyo, menjabarkan alasannya.

Berikut enam poin untuk mengetahui jawaban mengapa berat badan tak turun-turun padahal sudah olahraga dan jaga makan;

  1. Tidak konsisten
    Jika hanya melakukan olahraga semau Anda sendiri dan makan makanan sehat hanya sesekali, jangan harap hal tersebut bisa menurunkan berat badan Anda, kecuali jika Anda memang terlahir kurus. Anda perlu melakukan usaha dengan konsisten untuk mencapai tujuan Anda
  2. Sedang membangun otot
    Ketika Anda berolahraga lebih sering itu berarti Anda sedang meningkatkan masa otot, sekaligus meningkatkan berat badan Anda secara keseluruhan. Otot lebih berat daripada lemak, namun otot hanya mengambil 1/4 ruang dalam tubuh Anda.
  3. Tidak seketat yang Anda pikirkan
    Terkadang tubuh Anda akan menipu Anda dengan membuat Anda berpikir bahwa Anda bertambah gemuk atau bertambah kurus. Ini akan membuat Anda merasa boleh melakukan sesuatu yang sudah lama tidak Anda lakukan, seperti makan makanan manis terlalu berlebihan.
  4. Tidak memiliki variasi dalam olahraga rutin Anda
    Penting untuk merubah beberapa hal dengan hal yang baru secara teratur, untuk membingungkan tubuh Anda dan membuatnya terus menebak-nebak. Ini bisa dilakukan dengan pemanasan, treadmill, atau cardio. Bukan salah satunya atau semuanya.
  5. Hanya fokus pada cardio
    Dengan hanya menggunakan cardiodalam olahraga Anda, Anda tidak membuat tubuh Anda sukses. Anda memerlukan otot yang kuat untuk membantu membakar lemak Anda setiap hari. Anda dapat mulai dengan menggabungkan beberapa latihan beban utnuk mendapatkan tubuh yang kencang dan ramping.
  6. Tidak makan protein
    Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan berprotein sebelum Anda mulai berolahraga dapat meningkatkan performa Anda dan membakar lebih banyak kalori selama olahraga Anda berlangsung, bahkan sepanjang hari Anda. Anda bisa mulai dari sekarang!
  7. Selalu berolahraga sendirian
    Orang-orang yang tergabung dalam kelompok gymterbukti lebih sukses menurunkan berat badan mereka. Karena mereka tidak hanya bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri, tapi juga orang lain.
  8. Terlalu pusing dengan angka
    Pahamilah bahwa berat badan hanyalah sebuah angka. Semakin Anda fokus pada angka yang ingin Anda capai, semakin jauh Anda dari tujuan Anda. Gunakan manajemen rasa stresAnda untuk menurunkan berat badan.
  9. Masih meminum soda diet
    Banyak ahli kimia menemukan bahwa minuman diet dapat membuat Anda kembung dan menambah berat badan Anda. Sebaiknya mulai sekarang, Anda menghindari minuman ini dan menggantinya dengan minuman segar yang dapat Anda buat sendiri dirumah, seperti jus buah.
  10. Menghilangkan karbohidrat dalam diet Anda
    Ini hanya akan menyebabkan kenaikan lemak Anda dari waktu ke waktu, sekaligus Anda akan kehilangan energi dalam tubuh Anda. Tubuh Anda membutuhkan karbohidratuntuk dibakar sepanjang hari. Anda dapat menggunakan roti gandum atau beras merah.

 

 

 

(Suntingan Info Kesehatan: Bbs, Net)

Check Also

Tatu Kukuhkan Maesal Rasyid Dan Soma Jadi Punggawa PMI Kabupaten

Post Views: 843 Metrobanten, Kabupaten – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten melantik jajaran kepengurusan ...

Metrobanten.co.id : Menyajikan Berita Terkini, Peristiwa, Gaya Hidup, Nasional, Internasional, Bisnis, Ekonomi, Wisata, Kuliner dan Liputan Khusus.