Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui
Black garlic atau Bawang hitam.

 

Metrobanten, Kesehatan – Manfaat black garlic untuk kesehatan saat ini semakin populer. Terdapat beberapa varietas bawang putih dan masing-masing memiliki sifat yang khas, contohnya bawang putih hitam. Jenis bawang ini telah ada selama berabad-abad di kawasan Asia. Saat ini, penggunaan bawang hitam makin sering digunakan di kalangan masyarakat, khususnya negara-negara di Asia.

Khasiat black garlic untuk kesehatan didapat dari hasil fermentasi bawang putih. Di Korea dan Thailand, black garlic sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Kini popularitas black garlic untuk kesehatan makin meluas ke berbagai negara Asia, bahkan hingga Amerika dan Eropa.

Black garlic ini biasanya dapat dikonsumsi secara langsung maupun ditambahkan pada makanan sebagai penyedap rasa. Manfaat black garlic untuk kesehatan terletak pada kandungan antioksidan dan nutrisi lain yang jauh lebih besar jumlahnya dari bawang putih biasa. 

Baca juga: 10 Khasiat Kesehatan Nikmati Buah Apel Setiap Hari

Bawang putih diketahui mengandung S-allycysteine (SAC) di dalamnya, sebagai suatu senyawa yang sedang dibicarakan oleh para ahli sebagai salah satu komponen alami yang terbukti membantu mencegah kanker dan dipergunakan sebagai terapi herbal untuk beberapa penyakit.

Dan proses fermentasi bawang putih menjadi black garlicini meningkatkan zat-zat bermanfaat dalam bawang putih beberapa kali lipat. Black garlic dalam beberapa penelitian memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari pada bawang putih biasa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Cina dan Jepang dan sudah diterbitkan dalam jurnal yang ditulis oleh Wang, et al, 2010 bawang yang memiliki tekstur yang lunak dan agak kenyal menyerupai soft jelly ini adalah herbal yang berpotensi baik sebagai anti tumor.

Baca juga: Nikmati Masa Libur, Sejumlah Lokasi Objek Wisata di Provinsi Banten Dipadati Wisatawan

Dari hewan uji dalam bentuk tikus sengaja dibuat mengalami penyakit tumor, dan setengahnya berhasil sembuh dari penyakitnya dengan diberikan asupan ekstrak dari black garlic. Selain itu, penelitian yang lain menunjukkan jika black garlic juga sangat baik dalam mencegah penuaan dini.

Menurut penelitian proses fermentasi yang terjadi dari bawang putih terbukti meningkatkan kadar polifenol dan flavonoid di dalamnya. Kadar polifenol meningkat hingga 23%, sedangkan kadar flavonoidnya meningkat hingga 37%. Polifenol dan flavonoid ini bekerja sebagai antioksidan yang bisa mencegah timbulnya kanker, serta penuaan dini.

Adanya sumber antioksidan akan menangkap dan mengikat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan di dalam sel-sel tubuh, sehingga resiko penyakit kanker dan penuaan dini pun bisa diturunkan.

Di dalam penelitian yang sama pun terbukti jika ekstrak black garlic terbukti membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang menyebabkan kerusakan di lapisan kulit bagian luar atau kulit ari.

Black garlic sangat baik dalam membersihkan darah, dan bekerja juga sebagai anti toksin alami, mengurangi gatal-gatal, alergi, anti radikal bebas atau anti oksidan, anti virus, membasmi kuman jamur, bakteri, anti aging.

Dan juga untuk meregenerasi sel dan membentuk HB darah, trombosit, sehingga membuat pembentukan jaringan yang mengalami kerusakan karena operasi, infeksi, dan peradangan bisa lebih cepat membaik.

Cara Membuat Black Garlic
Pemanasan dalam waktu yang lama selama proses pembuatan black garlic mengubah bawang putih secara kimiawi sehingga mengubah warna, bau serta rasa dari bawang putih. Pada black garlic, bau khas bawang putih hilang dan digantikan dengan aroma menyerupai karamel, dengan rasa asam-manis. Penulis akan membagikan cara membuat black garlic, sesuai pengalaman penulis.

Yang Perlu Disiapkan:
 

Magic jar ukuran sedang (1,8 L), Kardus yang dibentuk sesuai dasar Teflon magic jar, ½ kg bawang putih (penulis menggunakan bawang putih tunggal), Tissue Towel paper (kalau tidak ada, bisa menggunakan tissue wajah biasa).

Cara Pembuatan:
 

Alasi dasar bagian dalam Teflon magic jar menggunakan kardus. Lalu lapisi lagi dengan 4 lembar tissue towel paper (7-8 lembar tisu wajah). Susun bawang putih di atas tisu secara merata sebanyak 1 lapisan (bawang tidak boleh menumpuk). Kulit bawang tidak perlu dikupas. Lapisi lagi dengan tisu dengan jumlah sama.

Susun lapisan kedua bawang putih secara merata. Tutup dengan lapisan tisu dengan jumlah sama. Masukkan ke dalam magic jar dan nyalakan dengan posisi WARM (ingat WARM bukan COOK). Panaskan selama 4-5 hari (magic jar menyala terus selama proses berlangsung).

Hari 1-3 biasaya bawang putih akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Oleh karena itu, tempatkan magic jar di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik. Setelah bau bawang putih menghilang, akan digantikan dengan bau karamel yang manis.

Pada kondisi ini, cek bawang putih, apakah sudah lembut dan berwarna hitam atau belum. Cek berkala setiap hari. Pengalaman penulis, black garlic dengan jumlah ½ kg sudah jadi pada hari ke -5. Untuk jumlah bawang putih yang lebih banyak, maka waktu yang diperlukan untuk membuatnyapun menjadi semakin lama.

Cara Konsumsi:
 

Konsumsi black garlic 1-2 siung per hari. Black garlic memiliki rasa asam-manis, cukup enak untuk dikonsumsi langsung.

Bawang Hitam tidak baik bila dikonsumsi:
 

Orang yang alergi bawang putih. Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat. Orang yang sedang migrain. (***)

Check Also

Enam Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

Enam Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

  Metrobanten, Jakarta – Enam juta dosis bahan baku vaksin CoronaVac dari Sinovac kembali tiba ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup