Pemkab Tangerang Masuk Dalam Top 51 Kompetisi P4 Kementerian PANRB

Pemkab Tangerang Masuk Dalam Top 51 Kompetisi P4 Kementerian PANRB.

 

MetroBanten, Tangerang – Pemkab Tangerang masuk dalam Top 51 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2022 dalam kompetisi yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI.

Lomba tingkat nasional ini diberi nama Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Keempat (Kompetisi P4). Peserta Top Ke-51 sendiri telah dinyatakan lulus Tahap Evaluasi Dokumen. Mereka terinci 3 kategori, s.b.b: Pertama, Kategori Outstanding Achievement. Dalam kategori ini ada 6 peserta lulus tahap evaluasi dokumen.

Kedua, Kategori Instansi Pemerintah. Dalam kategori ini ada 30 peserta, salah-satunya Pemkab Tangerang, pada urutan ke-15. Ketiga, Kategori Unit Pelayanan Publik. Dalam kategori ada 15 peserta.

Kepala Seksi SDMK-DI pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Ary Hardiyanto, yang mengelola Website dinkes.tangerangkab.go.id yang mewakili Pemkab Tangerang dalam kompetisi, mengakui websitenya memang memberi perhatian besar dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik sejak situs ini dibentuk.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bagikan Bansos Kepada Penerima Manfaat dan Pedagang

Disyukuri bila pengelolaan website Dinkes Kabupaten Tangerang ini bisa dinyatakan lulus tahap evaluasi dokumen. Selanjutnya, pihaknya siap mengikuti penilaian di tahapan lanjutannya. Di antaranya, Tahapan Presentasi, Wawancara, dan Observasi Lapangan.

“Harapannya kita bisa menjadi juara nasional di Kompetisi P4 ini,” kata dr Ary Hardiyanto, Kamis (12/5/2022). Dituturkan pihaknya bersama Diskominfo Kabupaten Tangerang telah beberapa kali mengadakan rapat persiapan sejak awal mengikuti kompetisi ini.

KOMPETISI P4

Berdasar tayangan https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/kementerian-panrb-tetapkan-top-51-pengelola-pengaduan-terbaik, 10 Mei 2022, website Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan Penetapan Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, dalam berita itu, menyampaikan secara total terdapat 434 proposal atau borang mandiri yang diperiksa dan dinilai. Prosedur penilaian sendiri dilakukan sesuai Keputusan Menteri PANRB No 1473/2021 yang menjadi pedoman penyelenggaraan kompetisi ini.

BACA JUGA: Produk UMKM Kota Tangerang Hadir di Expo Karya Kreatif Banten 2022

Selanjutnya melalui Tahapan Evaluasi Dokumen, ditetapkan peserta terbaik terdiri dari enam peserta dari perwakilan Instansi Pemerintah (IP) untuk kriteria Outstanding Achievement, 30 peserta merupakan perwakilan dari IP Umum, dan 15 peserta merupakan perwakilan dari Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP).

Lebih lanjut dijelaskan Diah, ke-51 peserta terbaik akan memasuki tahap evaluasi lanjutan/wawancara yang akan dilakukan dalam waktu bersamaan pada 23 Mei 2022 ke hadapan Panel Tim Evaluasi.

Tahap presentasi dan wawancara ini bertujuan memperdalam aspek yang berkaitan dengan inisiatif yang diajukan dan capaian dalam setiap aspek pengaduan pelayanan publik sesuai dengan kriteria penilaian pada komponen substansi. (Red)