NEWS

Kemenhub Resmikan Terminal Tipe A Pondok Cabe

Metrobanten, Tangsel -Tingkatkan pelayanan angkutan umum massal bagi masyarakat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelolaan Transfortasi Jabodetabek (BPTJ) meresmikanTerminal Tipe A Pondok Cabe yang akan beroperasi Tahun 2019, Senin (31/12/18).

Turut hadir dalam acara Wakil Walikota Tangerang Selatan H. Benjamin Davnie, Kepala Badan Pengelolaan Transfortasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, Ketua DPRD Tangsel, Sekda Tangsel, Jajaran Dinas perhubungan tingkat provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten serta tingkat Kota /Kabupaten  Sejabodetabek.

Kepala BPTJ  Bambang Prihartono menyampaikan, bahwa pengoperasian Terminal Pondok Cabe ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menghadirkan sekaligus meningkatkan layanan angkutan umum massal bagi masyarakat.

Terminal yang dibangun sejak Tahun 2015 ini menggunakan dana hibah dari DKI Jakarta ke Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Dimana pada awal Tahun 2018 Terminal tersebut sudah beroperasi dengan status pinjam pakai dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Kini, Terminal sudah selesai pembangunan dan memiliki luas keseluruhan sekitar 25.995 m2 dengan bangunan utama seluas 2.550 m2. Adapun 33 PO Bus Antar Kota Antar Provinsi tersedia di Terminal Pondok Cabe.

Berdasar pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Terminal Pondok Cabe merupakan terminal tipe A yang kewenangannya dilimpahkan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Bambang mengatakan, diperlukan terobosan-terobosan besar agar masyarakat mau beralih menggunakan angkutan umum. Untuk itu pemerintah terus mendekatkan layanan angkutan umum massal yang aman, nyaman dan mudah diakses oleh masyarakat.

“Selama ini orang berpergian menggunakan kendaraan pribadi tapi kedepannya angkutan umum menjadi andalan apalagi tuh tahun depan akan dioperasikan Mass Rapid Transit (MRT),” katanya

Bambang menambahkan, selain sarana berupa armada angkutan umum, prasarana seperti terminal merupakan faktor penting dalam menumbuhkan minat masyarakat.

“Terminal Pondok Cabe menjadi satu di antara empat terminal Tipe A milik BPTJ selain di Jatijajar Depok, Baranangsiang Bogor, dan Poris Plawad Kota Tangerang. Saya berharap semoga masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal ini,” pungkasnya.      (Dli)

Back to top button