Kandungan Nutrisi Skincare yang Ampuh Atasi Jerawat

Kandungan Nutrisi Skincare yang Ampuh Atasi Jerawat

“Jerawat bisa diatasi dengan berbagai bahan alami.”

 

Gaya Hidup – Jerawat adalah gangguan kesehatan kulit yang terjadi ketika folikel mengalami penyumbatan oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat dapat muncul di berbagai bagian tubuh, tetapi jerawat yang muncul di bagian wajah kerap menyebabkan rasa tidak nyaman dan gangguan kesehatan lainnya.

Jerawat bisa diatasi dengan berbagai bahan alami. Namun, tindakan ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, kamu bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan skincare yang cocok dengan jenis kulit. Sebaiknya kenali lebih banyak mengenai kandungan nutrisi skincare yang ampuh mengatasi jerawat.

Baca jugaFakta Tentang Kandungan Nutrisi Susu Kental Manis yang Perlu Anda Tahu

Kandungan Nutrisi Skincare untuk Kulit Berjerawat

Salah satu mengatasi jerawat yang cukup ampuh dengan menggunakan skincare yang tepat. Namun, kamu juga perlu memastikan produk skincare yang kamu gunakan cocok untuk jenis kulit. Hal ini dilakukan untuk menghindari jerawat malah memburuk dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan kulit lainnya.

Sebaiknya kenali terlebih dahulu berbagai kandungan nutrisi skincare yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat.

Berikut ini kandungan nutrisi skincare untuk kulit berjerawat, yaitu:

  1. Salicylic Acid

Salicylic acid atau dikenal sebagai asam salisilat adalah salah satu kandungan nutrisi skincare yang sering digunakan untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Kandungan nutrisi ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan sel kulit mati.

Hal ini disebabkan salicylic acid memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Selain itu, salicylic acid juga berfungsi sebagai exfoliant, dimana bisa mengangkat sel kulit mati.

Pastikan kamu menggunakan salicylic acid secara tepat. Kandungan nutrisi skincare ini bisa menyebabkan efek samping jika penggunaannya tidak sesuai, mulai dari iritasi, kulit kering, hingga sensasi panas pada kulit.

  1. Niacinamide

Niacinamide memiliki sifat anti inflamasi. Jerawat yang meradang terkadang menyebabkan jaringan parut pada kulit saat jerawat pulih. Niacinamide bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat dan membuat jerawat pulih tanpa muncul bekas jerawat.

Bahkan, penggunaan niacinamide yang tepat dapat membantu kamu untuk memperbaiki tekstur kulit yang mulai rusak akibat jerawat. Niacinamide juga berfungsi untuk menurunkan kadar minyak pada kulit sehingga jerawat dapat dikendalikan dengan baik.

Baca juga: Yuni Shara Bocorkan Tips Awet Muda Ala Dirinya, Ternyata Rutin Konsumsi Lidah Buaya

Centella Asiatica

Kandungan nutrisi skincare ini sudah lama digunakan untuk perawatan kulit yang berjerawat. Centella asiatica memiliki beberapa kandungan yang dinilai efektif mengatasi masalah jerawat, seperti:

  • Asiatic Acid. Kandungan ini merupakan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini baik untuk mengurangi peradangan pada jerawat.
  • Asiaticoside. Kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan penyembuhan luka akibat jerawat, meningkatkan sintesis kolagen, dan memiliki sifat anti inflamasi sehingga mampu menenangkan kulit yang kemerahan akibat jerawat.
  1. Witch Hazel

Witch hazel memiliki kandungan tanin di dalamnya yang bersifat antioksidan. Witch hazel bisa digunakan untuk mengatasi noda bekas jerawat pada kulit.

  1. Ceramide

Kandungan ini membantu kulit tetap lembap sehingga jerawat tidak semakin memburuk dan iritasi. Ceramide menjadi salah satu kandungan nutrisi skincare yang sangat aman bagi kulit. Namun, kamu bisa mencoba untuk melakukan tes efek samping pada kandungan ini.

  • Kamu bisa memberikan skincare dengan kandungan ceramide pada bagian lengan bawah.
  • Tunggu selama 24 jam.
  • Jika pada bagian lengan yang digunakan kandungan ini mengalami gatal, iritasi, kemerahan, sebaiknya segera bersihkan dan hindari pemakaian ceramide.
  • Jika tidak muncul tanda-tanda iritasi atau kemerahan, artinya kandungan ini aman untuk digunakan.

Itulah kandungan nutrisi skincare yang bisa mengatasi kulit berjerawat. Sebaiknya saat kamu menjalani kehamilan atau menyusui jangan sembarangan menggunakan produk skincare.

Pastikan pada dokter kandungan maupun dokter kulit agar kandungan skincare yang kamu gunakan aman untuk janin dalam kandungan dan bayi yang menyusui. (*)

Check Also

Kirana Wardojo Berhasil Raih Medali Emas Ketiga untuk Cabor Layar PON XX Papua

Kirana Wardojo Berhasil Raih Medali Emas Ketiga untuk Cabor Layar PON XX Papua

  PON XX – Cabang Olahraga (cabor) Layar Banten kembali menyumbangkan medali emas untuk Kontingen Banten di PON XX Papua, pada ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup