Kampung Sirih, Camat Tangerang: Ada Pengrajin Terrarium di Babakan

Kampung Sirih, Camat Tangerang: Ada Pengrajin Terrarium di Babakan
Terrarium adalah seni kreativitas membuat taman mini yang dibuat dalam ruangan wadah kaca seperti aquarium atau sejenisnya

 

Metrobanten, Tangerang – Bukan hanya Kampung Bekelir yang ada di Kecamatan Tangerang, ada juga Kampung Sejuk, Indah, Rapih dan Bersih (Sirih) berada di RW 02 Kelurahan Babakan, dimana salah satu warga-nya pembuat Seni Terrarium, Jumat (4/6/21).

Apa itu Terrarium?. Terrarium adalah seni kreativitas membuat taman mini yang dibuat dalam ruangan wadah kaca seperti aquarium atau sejenisnya. Dimana dalam kaca tersebut bisa dibuat seperti taman dengan menambahkan tanaman sejenis kaktus dan lainnya.

“Di dalamnya ada sejenis pohon kaktus yang dihiasi berbagai macam pasir warna-warni dibuat seindah mungkin oleh pembuatnya,” ujar Camat Tangerang Achmad Zuldin kepada metrobanten.co.id beberapa waktu lalu.

Dikatakan Camat Achmad Zuldin, pihaknya sangat mendukung sekali warga Babakan yang memiliki kreativitas dalam pembuatan Terrarium tersebut. Karena menurutnya selain memerlukan seni juga perlu kesabaran yang besar dalam pembuatannya.

Baca juga: Pemerintah Batalkan Keberangkatan Haji, DPR: Keselamatan Harus Jadi Prioritas

Selain menambah keindahan, terrarium rupanya punya banyak manfaat salah satunya untuk meningkatkan kadar kebahagiaan dan menghilangkan kejenuhan yang bernilai positif.

Camat Tangerang Achmad Zuldin

 

“Ya, ini kan positif terlebih dimasa pandemic, seperti ini kan bisa menghasilkan. Banyak juga model dan bentuknya. Ada yang berbentuk kotak, bias, dan hexagonal semuanya dirangkai serta ditata sangat apik sehingga terlihat indah,” tutur Achmad Zuldin.

Selain itu, Camat Tangerang menambahkan, bahwa di Kampung Sirih Babakan juga terdapat pengrajin pembuat asbak dari tanah liat, emping jengkol, roti, dan kue basah yang sudah dipasarkan di wilayah sekitar.

Memang semuanya itu masih di rintis kemudian perlu di kembangkan sehingga produk-produk itu bisa menjadi ciri khas Kampung Babakan nantinya.

“Terkait penjualan, saat ini pemasarannya memang cukup berat, karena memang butuh banyak event acara. Kan sekarang masih masa pandemic, jadi tidak boleh ada acara,” sambungnya kepada metrobanten.

Nah, untuk masyarakat yang ingin memilikinya bisa datang langsung ke Kampung Sirih RW.02 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Sementara Ketua RW.02 Kampung Babakan Anton Karnadi menuturkan, penataan untuk penghijauan dan kebersihan di Kampung-nya masih terus dilakukan sampai sekarang agar terlihat lebih indah.

Selain kreativitas terrarium dan lainnya. Di Kampung Babakan juga ada Kampung Tematik dimana di lahan tersebut di tanami berbagai macam sayur-mayur dan tanaman toga yang bermanfaat untuk warga.

“Kalau sudah panen, kami biasanya langsung membagikan semuanya ke warga,” katanya.

Hal serupa diutarakan Maulana Hidayattullah KSM Penggiat Pemuda. Menurutnya, meskipun masih masa pandemic, di Kampung Sirih Babakan aktivitas dan pemasaran masih terus dilakukan secara online melalui instagram.

Baca juga: Pemkot Tangerang Resmikan Wisata Edukasi, Sachrudin Ajak Masyarakat Kelola Lingkungan Hidup

“Ya, selain online, kita juga dalam proses pemasaran lainnya sih,” ujar Maulana.

Dengan adanya Kampung Sirih, Maulana berharap kedepannya warga Babakan dapat mengembangkan kreativitas yang bermanfaat sehingga menghasilkan secara ekonomi juga dapat mandiri tidak tergantung kepada pemerintah.

“Semoga warga Babakan bisa sejahtera secara mandiri tidak ketergantungan kepada pemerintah terlebih saat ini masih pandemi,” pungkasnya. (ADV/Ds)

Check Also

Bareskrim Ungkap Adelin Lis Lakukan 2 Tindak Pidana Selama Buron Kasus Pembalakan Liar

Bareskrim Ungkap Adelin Lis Lakukan 2 Tindak Pidana Selama Buron Kasus Pembalakan Liar

Adelin Lis terlibat kasus pembalakan liar kemudian dijatuhi hukuman 10 tahun penjara pada 2008. Adelin ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup