Jerman 1-2 Jepang: Samurai Biru Sukses Tumbangkan Der Panzer

Jerman 1-2 Jepang: Samurai Biru Tumbangkan Der Panzer

Metrobanten – Jepang mengejutkan Jerman dengan comeback terlambat dalam pertandingan pembuka Piala Dunia mereka, dengan gol dari Ritsu Doan dan Takuma Asano membuat mereka menang 2-1 di Stadion Internasional Khalifa.

Jepang sebelumnya tidak pernah mengalahkan lawan Eropa mereka, tetapi mereka memanfaatkan kesalahan Jerman dan melewatkan peluang untuk mengamankan kemenangan terkenal di pertandingan pertama Grup E.

Dilansir dari Sky Sports, Jepang memiliki ‘gol’ awal dari Daizen Maeda yang dianulir karena offside juga, tetapi tim Hansi Flick segera memimpin setelah tantangan canggung dari kiper Shuichi Gonda pada David Raum memberi mereka penalti dan Ilkay Gundogan mencetak gol dari titik penalti (33).

Jalannya Pertandingan

Jepang memulai dengan gemilang dan berhasil mencetak gol dalam waktu tujuh menit. Gundogan kehilangan bola di lini tengah sebelum Junya Ito melaju di sayap kanan. Maeda kemudian memasukkan umpan silangnya, tapi dia berada dalam posisi offside.

Jerman segera mulai bangkit dan memiliki serangkaian peluang setelah menit ke-20. Joshua Kimmich melihat usahanya dari jarak jauh ditepis oleh Gonda sebelum Gundogan melakukan rebound. 

Gelandang Man City itu kemudian melihat upaya langsung ke Gonda, sebelum upaya lain semenit kemudian diblok dengan baik.

Tapi untuk semua kerja bagus Gonda di setengah jam pertama, penjaga gawangnya yang ceroboh kemudian memberi Jerman penalti saat dia berlari keluar untuk menemui Raum, menjatuhkannya sebelum menangkap bek itu lagi dan hampir mendarat di atasnya.

Setelah dua upaya sebelumnya diblok, Gundogan maju dan dengan ahli mengirim tendangan penalti untuk melihat pemenang Piala Dunia empat kali itu di depan.

Jerman kemudian mulai mendominasi dan mengira mereka mendapat gol kedua di menit ketiga dari empat tambahan di akhir babak pertama. 

Havertz mencetak gol dari umpan silang Serge Gnabry, tetapi, setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut dianulir karena offside.

Jepang sebenarnya bisa membuat akhir babak pertama lebih menarik, tapi sundulan Maeda masih melebar dari sasaran.

Babak Kedua

Itu adalah awal dari ujung ke ujung untuk babak kedua, dan Gundogan seharusnya menambahkan satu lagi pada saat itu. Jamal Musiala yang mengesankan melaju ke kiri sebelum mengatur gelandang dari jarak 15 yard. 

Namun, upaya Gundogan membentur bagian bawah tiang dan melebar. Pada menit ke-70, Gonda juga menggagalkan peluang Jonas Hoffman dan Gnabry secara beruntun.

Tapi comeback Jepang sudah di depan mata, dengan penyelamatan pertama Neuer segera setelah itu, menggagalkan upaya Asano. 

Dia melakukan penyelamatan luar biasa lainnya selama membangun gol penyeimbang Jepang juga, membantu umpan cut-back Takumi Minamino, tetapi Doan mengintai di dalam area untuk mencetak gol dari jarak dekat.

Namun, Neuer ingin berbuat lebih baik untuk pemenang Jepang. Sebuah bola panjang dari atas ke kanan memilih Asano di belakang pertahanan, dengan pemain depan melaju ke area penalti. 

Jepang akhirnya bisa mencetak gol balasan pada menit ke-75. Samurai Biru menusuk masuk melalui Minamino. Ia melepas bola mendatar ke depan gawang, tapi dipotong oleh Neuer. Bola liar kemudian disambar Ritsu Doan yang berdiri bebas. 1-1

Jerman kemudian berusaha untuk mencetak gol lagi. Tapi mereka malah kebobolan pada menit ke-83. Kali ini dari aksi menawan Takuma Asano. Ia menyambut umpan panjang dari belakang dengan kontrol bola yang luar biasa.

Ia masuk ke kotak penalti dan meski ditempel ketat Schlotterbeck, Asano bisa melepas tembakan dari sudut sempat yang menaklukkan Neuer. 1-2.

Jerman kemudian tak bisa mencetak gol balasan sampai laga berakhir. Bahkan kala wasit memberikan extra tim tujuh menit. Mereka keok 1-2 dari Jepang

Susunan Pemain

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Serge Gnabry, Thomas Muller, Jamal Musiala; Kai Havertz.

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Hiroki Sakai, Ko Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Ao Tanaka, Wataru Endo; Junya Ito, Daichi Kamada, Takefusa Kubo; Daizen Maeda.

(Arsa)

Back to top button