Jawaban Walikota Serang Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Perancangan Perubahan APBD Tahun 2020

Jawaban Walikota Serang Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Perancangan Perubahan APBD Tahun 2020
Wali kota Serang Syafrudin menyampaikan penjelasan tentang pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Serang.

 

Metrobanten, Serang – Wali kota Serang Syafrudin menyampaikan penjelasan tentang pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Serang terhadap Rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 yang telah disampaikan pada Rabu (7/10/2020).

“Kami memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas masukan dan saran terhadap rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2020,” ujar Syafrudin.

Berbagai masukan, saran, pertimbangan dan juga pemikiran sebagaimana tercantum dalam pandangan umum fraksi merupakan hal yang sangat berharga untuk perbaikan dan penyempurnaan rancangan perubahan APBD TA 2020.

Baca juga: Pernyataan Jokowi soal Alasan dan Fakta UU Cipta Kerja

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan perubahan APBD TA 2020 agar benar benar bisa tepat sasaran dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat kota Serang,” katanya lagi.

Dikatakannya, sebagai catatan penting guna efektifitas peyampaian pejelasan dan jawaban, kami akan menyampaikan dalam beberapa topik bahasan sebagai berikut :

penurunan pendapatan daerah pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 yang di akibatkan oleh pandemi Covid-19, tidak membuat pemerintah kota Serang tinggal diam.

Baca juga: Walikota Airin Tinjau Kelompok Tani Jahe di Lengkong

Namun tetap berupaya memaksimalkan target pendapatan pada beberapa objek pajak yang tidak terdampak oleh pandemi Covid- 19 yang diantaranya adalah pajak penerangan jalan dan pendapatan dari BPHTB. Selain itu pemerintah kota Serang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat berkaitan dengan hak daerah berupa bagi hasil pajak yang belum di salurkan.

Sedangkan kebijakan belanja daerah pemerintah kota Serang sebagaimana disampaikan pada penyampaian rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2020 berfokus pada penanganan pandemi Covid-19 terbagi dalam 3 bidang utama yaitu , penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial.

Hingga bulan September 2020, untuk penanganan Covid-19 bidang penanganan kesehatan dari anggaran 44,2 Milyar yang di sediakan telah direalisasikan sebesar 39,4 Milyar. Sementara dalam bidang penanganan dampak ekonomi dari anggaran yang di sediakan sebesar 9,3 Milyar telah di realisasikan sebesar 9,1 Milyar. Sementara dalam bidang pengaman sosial telah disediakan anggaran sebesar 35,4 Milyar yang semuanya telah di realisasikan

“Meskipun dalam kondisi seperti sekarang ini, pemerintah kota Serang tetap berkomitmen untuk tetap menjalankan program dan kegiatan prioritas yang sudah menjadi visi misi Wali kota dan Wakil Wali kota terutama program dan kegiatan- kegiatan untuk belanja kebutuhan dasar masyarakat, seperti pendidikan , kesehatan dan infrastruktur, kami berharap agar pembahasan rancangan perubahan APBD TA 2020 yang di lakukakn antara badan anggaran dan tim anggaran pemerintah daerah dapat dilakukan secara cepat dan tepat,” pungkasnya. (Ky)

Check Also

MotoGP Teruel 2020, Alex Marquez Finish Runner-Up Beruntun

MotoGP Teruel 2020, Alex Marquez Finish Runner-Up Beruntun

  Sport – Alex Marquez membuktikan dirinya mampu menjinakkan motor Honda setelah dua kali finis runner-up beruntun ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup