Instagramable, Keindahan Tebing Koja di Kabupaten Tangerang

Instagramable, Keindahan Tebing Koja di Kabupaten Tangerang
Tebing Koja atau yang juga di kenal dengan Kandang Godzilla, terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang.

 

Metrobanten, Tangerang – Menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tangerang yang cukup diminati, mungkin banyak orang belum mengetahui sejarah di balik keindahan Tebing Koja.

Tebing Koja atau yang juga di kenal dengan Kandang Godzilla, terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, Banten.

Awalnya, lokasi ini adalah lahan tambang pasir yang digali dari tahun 2009 – 2016 secara manual memakai alat bantu sederhana seperti gancu dan cangkul. Karena terbatasnya kekuatan tenaga manusia, tidak semua pasir putih tersebut terangkut oleh para pekerja tambang.

Baca juga: Kemenparekraf Restui Permintaan Warga Baduy untuk Batasi Kunjungan Wisatawan

Menurut Ujang penjaga kawasan tersebut menceritakan, saat itu hanya pasir putih yang tidak keras sajalah bisa terangkut oleh para pekerja tambang. Sementara untuk pasir putih yang keras dibiarkan begitu saja oleh para pekerja tambang sehingga menyisakan bongkahan-bongkahan besar memanjang seperti liukan seekor Godzilla dan membentuk dinding-dinding tebing.

“Kalau misalnya tambang pasirnya di gali pakai alat berat seperti Beko tidak akan ada tebing-tebing yang tersisa seperti sekarang,” ucap Ujang.

Baca juga: Dua Anak Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujung Kulon

Keberadaan tebing ini baru disadari oleh warga setempat ketika seorang photographer professional bernama Tonny berkunjung karena mencari lokasi unik dan menarik untuk lokasi pemotretan di Kampung Koja, Solear. Akhirnya ia pun menemukan spot-spot cantik yang sangat menakjubkan dan indah dipandang oleh mata, yaitu galian pasir yang masih aktif digali oleh masyarakat setempat.

Photographer tersebut lalu membawa client untuk berfoto disana dan hasilnya pun memuaskan setelah di publikasikan hasil foto tersebut akhirnya viral dimedia sosial dan menggundang banyak orang untuk berwisata ke sana.

Akhirnya hal tersebut dimanfaatkan oleh warga setempat untuk dijadikan tempat wisata. “Wisatawan banyak berkunjung hari Sabtu dan Minggu, biasanya kalau untuk pemotretan atau syuting berkunjung di hari biasa”. ujar Pak Ujang.

Hingga saat ini Tebing Koja sering di gunakan untuk foto prewedding artis papan atas dan juga biasa dijadikan tempat syuting film. (Zah,lia)

Check Also

Realisasi Investasi di Provinsi Banten Triwulan III 2020 Mencapai Rp 21,5 Triliun

Realisasi Investasi di Provinsi Banten Triwulan III 2020 Mencapai Rp 21,5 Triliun

  Metrobanten, Serang – Pada triwulan III 2020 realisasi investasi mencapai Rp 21,5 triliun. Menjadikan Provinsi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup