DPMPD Pandeglang Perkirakan 758 Orang Mencalonkan Diri Dalam Pilkades

DPMPD Pandeglang Perkirakan 758 Orang Mencalonkan Diri Dalam Pilkades
Panitia Pilkades Serentak 2021 tingkat Kabupaten Pandeglang sedang menginput data di Sekertariat Pantia Pilkades Serentak Tahun 2021 tingkat Kabupaten Pandeglang, Selasa (8/6). (SATELITNEWS.ID)

 

Metrobanten, Pandeglang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, memprediksi ada 758 orang bakal mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021, yang tersebar di 207 desa.

Kepala Bidang (Kabid) Pemdes pada DPMPD Pandeglang, Asep Permana mengatakan, hasil dari data yang membuat surat keterangan (Suket) tidak pernah menjabat Kades selama 3 periode ke DPMPD Pandeglang, ada sebanyak 758 orang.

“758 orang yang membuat Suket itu baru sementara ya, karena kemungkinan akan bertambah. Iya itu tersebar di 207 desa yang bakal menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2021 pada 18 Juli 2021 mendatang,” kata Asep, saat ditemui di Sekretariat Pantia Pilkades Serentak Tahun 2021 tingkat Kabupaten Pandeglang, Selasa (8/6) dikutip dari laman Satelitnews.id

Lanjut Asep, dapat disimpulkan pontesi yang bakal mencalonkan Kades sementara ini ada 758 orang. Dikarenakan Suket yang dibuat itu masuk ke dalam salah satu syarat pencalonan. Namun belum bisa memastikan jumlah total dari 207 desa itu, yang benar-benar bakal mencalonkan.

Baca juga: Tahun 2020, Pemprov Banten Alokasikan Anggaran 407 Miliar untuk Pendidikan Gratis

“Belum bisa dipastikan jumlahnya, yang jelas data itu kami dapatkan dari himpunan yang membuat Suket belum pernah menjabat 3 periode. Kan itu syarat bagi yang ingin mencalonkan, dan dikeluarkannya harus oleh DPMPD,” jelasnya.

Menurut Asep, secara otomatis jika sudah membuat Suket itu berarti ada niatan ingin mencalonkan diri di Pilkades serentak mendatang. Apalagi Suket itu ujarnya, salah satu syarat yang wajib dipenuhi.

“Kalau sudah mengurusi syarat ini (Suket), berarti ada niat nyalon Kades. Adapun mecalonkan atau tidaknya, nanti kita lihat dari hasil jumlah yang mendaftar ditiap-tiap kepanitian di tingkat desa. Karena jumlah 758 orang itu bukan yang mendaftar ya,” jelasnya.

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu laporan jumlah pendaftar ditiap-tiap kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak tersebut.

Baca juga: Pemkot Tangerang Lakukan Vaksinasi untuk ODGJ dan Para Disabilitas Secara Door to Door

“207 desa yang melaksanakan Pilkades itu tersebar di 32 kecamatan. Hingga saat ini kami masih menunggu hasil rekapan yang nyalon berapa-berapanya di tiap kecamatan itu. Nanti kami kabarkan lagi jika sudah ada yang masuk,” tandasnya.

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan menegaskan, pendaftaran pencalonan itu sudah dibuka sejak Jumat 4 Juni 2021 lalu, dan bakal dilakukan penutupan pendaftaran itu 12 Juni 2021 mendatang.

“Sekarang sudah berjalan penerimaan pendaftaran pencalonan Kades, nanti jumlah secara perinci ada berapa yang mencalonkan bakal kami kabarkan, karena nanti semua panitia bakal melaporkan ke kami,” pungkasnya.  (red)

Check Also

Kisah Zhang Yiming Pendiri TikTok Miliki Harta Rp.878 Triliun

Kisah Zhang Yiming Pendiri TikTok Miliki Harta Rp.878 Triliun

Zhang Yiming Pendiri TikTok   Gaya Hidup – Pendiri TikTok, Zhang Yiming berhasil membuat TikTok menjadi sensasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup