DP3AP2KB Kota Tangerang Menggelar Workhsop Pendataan Keluarga Tahun 2021

DP3AP2KB Kota Tangerang Menggelar Workhsop Pendataan Keluarga Tahun 2021
Acara dihadiri oleh para koordinator Pos KB tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang ada di dua wilayah kecamatan Jatiuwung dan Kecamatan Periuk

 

Metrobanten, Tangerang – Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang menggelar kegiatan Workshop Pendataan Keluarga Tahun 2021, bertempat di aula Kecamatan Jatiuwung.

Acara dihadiri oleh para koordinator Pos KB tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang ada di dua wilayah kecamatan Jatiuwung dan Kecamatan Periuk, Selasa (9/2/21).

Kepala DP3AP2KB Jatmiko mengatakan, Pendataan Keluarga adalah tata cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan pemanfaatan data, demografi, data keluarga berencana, data keluarga sejahtera dan data anggota keluarga yang dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat secara serentak setiap lima tahun .

Baca juga: Wali Kota Serang Menyayangkan Aksi Geng Motor yang Melakukan Konvoi Aksi Kekerasan

Sehingga data yang dihasilkan akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan melalui proses pengumpulan, pengolahan penyajian, penyimpanan, serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan dan keluarga.

Lebih lanjut, Jatmiko mengatakan, Workshop Pendataan Keluarga 2021 ini bertujuan untuk mensosisalisasikan dan mengorientasikan tata cara pendataan keluarga bagi para kader pendata ditingkat Kecamatan, Kelurahan, maupun ditingkat RW dan RT.

“Saya berharap para kader dapat menyerap kegiatan ini. Karena para kaderlah yang akan mendistribusikan informasi itu kepada kader-kader dibawah,” beber Kepala DP3AP2KB Jatmiko kepada metrobanten.co.id di Kecamatan Jatiuwung.

Baca juga: Gerald Mengakui Dijanjikan Uang 100 Juta untuk Jadi Peserta KLB Deli Serdang

Menurutnya, kegiatan workshop akan dilaksanakan di 13 Kecamatan se-kota Tangerang secara bertahap.

“Ini kegiatan sudah yang ketiga. sekarang di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Periuk dan Kecamatan Jatiuwung,” katanya.

Sementara, Kasi Pendataan Penduduk dan Informasi Keluarga dr. Sukarta menambahkan, bahwa fungsi kader itu sendiri adalah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan program bangga kencana (pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana) melalui bimbingan dan arahan dari penyuluh keluarga berencana (PKB).

Yang telah mendapatkan informasi melalui cara komunikasi, informasi, edukasi, dan advokasi (KIE dan A).

“Setelah mendapatkan informasi tersebut, para kader ini terjun langsung ke masyarakat melakukan pendataan,” jelas dr. Sukarta

Kemudian, Sukarta menuturkan, setelah mendapatkan data, data itu akan dikirim ke pusat melalui proses yaitu, verifikasi, validasi dan penetapan. Untuk di kota/di kabupaten sendiri ada dua cara. Yaitu dengan pendataan melalui formulir dan smartphone.

“Nah kebetulan untuk di Kota Tangerang sudah menggunakan smartphone,” katanya.

Kemudian, dilanjutkannya, adapun organisasi pendataan ini, terdiri dari manajer pengelola tingkat kecamatan, manajer data tingkat kecamatan, supervisor tingkat kelurahan dan kader pendata yang ada di wilayah RT/RW. Dan kader-kader inilah yang akan mendata langsung kepada masyarakat.

Dimana, dalam Pendataan keluarga ini didalamnya akan didapatkan data- data sebagai berikut, data demografi, data keluarga berencana (pasangan usia subur) data pembangunan keluarga, juga data stunting.

Adapun, para kader yang mengikuti workshop ini disebut juga Supervisor dimana fungsi dan tugas pokoknya adalah pengorganisasian dan pengelolaan pelaksanaan pendataan keluarga didesa/kelurahan, verifikasi dan validasi formulir terisi hasil pendataan oleh kader.

Receiving (penerimaan) dan batching (pengelompokan formulir berdasar satuan wilayah terkecil).

Serta melaporkan perkembangan pelaksanaan pendataan keluarga kepada manajer pengelolaan dan manajer data tingkat Kecamatan.

Dari workshop ini, Sukarta berharap, sasaran pendataan keluarga dapat tercapai dan para kader pendata dapat melaksanakan pendataan dengan baik dan lancar setelah mempelajari aplikasi smartphone tersebut. (ADV)

Check Also

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

Bupati Zaki Tinjau Vaksinasi di Kosambi dan ICE BSD Pagedangan

  Metrobanten, Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan dan monitoring penyuntikan vaksinasi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup