Ciptakan ASN Bebas Narkoba : Kesbangpol Rutin Lakukan Tes Urin

Metrobanten – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang melakukan tes urin kepada para pegawai kantor Kecamatan Tangerang beberapa waktu lalu kepada 137 orang pegawai yang dilakukan setelah apel pagi.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Tangerang, Temmy Mulyadi menjelaskan, pihaknya  bersama BNN serta Satnarkoba Polres Metro Tangerang Kota berada di lingkungan Kecamatan Tangerang dengan maksud melaksanakan kegiatan rutin tes urin yang akan dilakukan kepada seluruh ASN yang ada di lingkup Kecamatan.

Menurutnya, Kesbangpol menjalankan amanat Walikota Tangerang. Bahkan, kegiatan tes urin ini juga berdasarkan surat edaran dari Menpan dan Depdagri bahwa di setiap kota/kabupaten dan provinsi seluruh ASN harus mensosialisasikan bahaya narkoba, melakukan tes urin dan pembentukan satgas di masing masing wilayah.

“Ya, kami berkomitmen di seluruh ASN harus bersih dari Narkoba,”jelasnya.

Kasi Ketahanan Bangsa dan Masyarakat Kesabangpol Achmad Dimyati menambahkan, bahwa kegiatan itu akan dilakukan di13 Kecamatan se kota Tangerang secara acak waktu dan harinya tidak tentu. Hal tersebut pastinya dilaksanakan usai apel.

“Kita biasanya melaksanakan tes urin usai apel, sehingga pegawai tidak ada yang keluar, jadi langsung,” tutur Dimyati.

Dari 170 orang pegawai yang ada di Kecamatan Tangerang, hanya 137 orang pegawai yang melaksanakan tes urin dikarenakan ada tugas luar yang tidak bisa ditinggalkan. “Nanti pegawai yang belum di tes urin akan tetap dilakukan menyusul,”katanya.

“Dari 137 orang terdapat satu orang pegawai positif namun bukan karena narkoba melainkan orang tersebut telah mengkonsumsi obat asma jenis Benzo,” tukas Dimyati saat ditemui diruang kerjanya.

Ditempat yang sama Camat Tangerang, Agus Hendra mendukung pelaksanaan tes urin di lingkup jajarannya. Hal ini adalah langkah Pemerintah Kota Tangerang dalam pemberantasan Narkoba di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tes urin ini untuk terciptanya kinerja yang baik dan lingkungan kerja yang sehat khususnya di Kecamatan Tangerang,” ujar Agus Hendra.

Camat menambahkan, dari hasil pemeriksaan didapati staf yang positif. Tapi kata Camat, positifnya hasil tes urin tersebut tidak karena mengkonsumsi narkotika namun karena beliau memiliki riwayat penyakit asma dan telah mengkonsumsi obatnya. (adv)

Check Also

Pemkab Tangerang Beri Layanan Aktifasi PBB Tatap Muka di UPT Pajak Daerah

Pemkab Tangerang Beri Layanan Aktifasi PBB Tatap Muka di UPT Pajak Daerah

  Metrobanten, Tangerang – Dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di area pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup