Bupati Ahmed Zaki Iskandar Dan Ketua MPR RI Hadiri MoU 4 Pilar MPR RI 

Metrobanten, Jakarta – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Ketua MPR RI hadir pada MoU antara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) terkait pelaksanaan 4 Pilar MPR RI yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-Undang Dasar 45 (PBNU).

Acara MoU tersebut digelar di Lantai 9 Gedung MPR RI Nusantara III Senayan Jakarta, yang dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua APKASI Azwar Anas, Bupati Bogor Ade Yasin dan diikuti oleh Bupati Se Indonesia, acara tersebut dikemas dengan sosialisasi 4 Pilar MPR RI, melalui virtual video conference, Rabu (8/07/20).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar disela-sela acara tersebut mengatakan sosialisasi 4 Pilar MPR RI saat ini harus terus digalakan ditengah masyarakat terutama pada generasi muda untuk ditanamkan nilai-nilai kebangsaannya.

Baca juga: Bupati Zaki Tinjau Simulasi Penerapan Protokol Kesehatan di Ponpes Tarbiyatul Mubtadin

“Saya harap sosialisasi 4 pilar MPR kedepan harus terus digalakan terutama pada generasi milenial, jangan sampai mereka tergerus oleh perkembangan zaman, terlebih dengan adanya MoU antara APKASI dan MPR,” Ucap Zaki yang juga sebagai Ketua Hubungan Antar Lembaga APKASI di ruang rapat MPR RI Jakarta.

Ditempat yang sama, Ketua Apkasi yang juga selaku Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan, Pemerintahan Daerah bersama pimpinan MPR RI mensosialisasikan empat pilar tentu dengan cara-cara dan model-model baru, menurutnya itu adalah terobosan baru yang mesti dikerjakan dengan cara-cara baru untuk menggali dan berubah cara lama seperti masuk dengan instrumen-instrumen baru dan dengan teknologi.

Baca juga: Provinsi Banten Menjadi Zona Kuning COVID-19

“Karena itu mudah-mudahan MPR bisa terus bersama-sama dengan APKASI, bagaimana 4 pilar MPR RI bisa sampai ke anak-anak yang mencerahkan dan kekinian, harapan kami dengan adanya sosialisasi ini Kami para Bupati bisa mendapatkan pandangan dan cara baru pemahaman empat pilar bisa sampai ke anak-anak dan generasi-generasi muda,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang menjadi pembicara pada acara tersebut mengungkapkan, 4 pilar MPR RI dulunya merupakan 4 pilar kebangsaan karena ada putusan yang dilarang menggunakan pilar kebangsaan maka di rubah menjadi 4 Pilar MPR RI.

Baca juga: Komisi IV DPR RI Setuju Wilayah Baduy Ditutup dari Peta Wisata

Menurutnya, acara sosialisasi 4 pilar harus terus digalakan dan ditingkatkan bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok desa, karena MPR RI konsisten membangun karakter bangsa melalui permasyarakatan empat pilar MPR RI kepada seluruh elemen bangsa.

“Jadi empat pilar itu bisa disingkat menjadi PBNU (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-Undang Dasar 45), dan semoga MoU antar APKASI dan MPR Bisa membuat 4 pilar semakin didengungkan hingga ke daerah,” katanya.

Harapan yang ingin kita capai dalam berbangsa dan bernegara Kami sangat mengharapkan para Bupati di seluruh Indonesia yang tergabung dalam APKASI dalam menjalankan tugas fungsi wewenang pemerintahannya dapat berperan aktif dalam menyampaikan narasi-narasi kebangsaan yang berisikan nilai-nilai Luhur kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat. (rls)

Check Also

Pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu.

Kejari Kota Tangerang Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

  Metrobanten, Tangerang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang berkomitmen mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup