Trending

Brasil 4-1 Korea Selatan: Tim Samba Lolos ke Perempat Final

Brasil 4-1 Korea Selatan: Tim Samba Lolos ke Perempat Final

Metrobanten – Brasil mengalahkan Korea Selatan 4-1 dan lolos ke perempat final Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. Dengan gol-gol dari Vini Jr, Neymar, Richarlison, Paquetá, Canarinho melewati tim Asia dengan mudah, pada Senin malam (5), di pertandingan terakhir di Estádio 974, di Doha. 

Gol Korea dicetak oleh Paik. Tim Brasil akan menghadapi Kroasia di babak penentuan selanjutnya. 

Sisi Tite didorong oleh kembalinya Neymar – yang menderita cedera pergelangan kaki dalam kemenangan pembukaan atas Serbia – dan pemain berusia 30 tahun itu mengumumkan kembalinya dengan penalti yang membuatnya tertinggal satu gol di belakang rekor internasional Pele 77 (13), yang menggandakan keunggulan Brasil setelah gol pembuka keren Vinicius Junior (7).

Jalannya Pertandingan

Tim Brasil memulai pertandingan yang menentukan melawan Korea di Estádio 974, di Doha, tanpa henti. Banyak penjagaan tanpa bola dan objektivitas dengan penguasaan bola. Langkah cepat membuahkan hasil setelah hanya enam menit duel. 

Vini Jr membuka skor untuk Brasil, setelah bola disilangkan oleh Raphinha, di sebelah kanan. Nomor 20 mencetak gol keduanya di Piala. 

Richarlison kebobolan penalti di menit ke-10. Dia mengungguli bek dalam bola yang disentuh oleh Neymar dan dijatuhkan. Nomor 10 menyerang dan meningkatkan skor, menggusur penjaga gawang Korea. 

Dia mencetak gol ketujuh dalam 12 penampilan Piala Dunia. Ia masuk dalam daftar pemain yang berhasil mencetak gol di tiga Piala Dunia.

Alisson tampil di menit ke-16 untuk melakukan penyelamatan besar pertamanya di Piala Dunia. Dengan tangan berubah, dia mencari bola yang dipukul dengan berbahaya oleh Korea Selatan. 

Jika mereka memiliki harapan pada Son, Brasil memiliki RicharliSon. Nomor 9 berjuang untuk bola, membalas dengan Marquinhos dan menerimanya di depan Thiago Silva. Yang harus dia lakukan hanyalah memilih sepak pojok untuk mencetak gol ketiganya 3-0 sebelum menit ke-30 babak pertama.

Pada menit ke-35, Lucas Paquetá mencetak gol keempat. Vini Jr menyeberang ke kanan untuk kemeja nomor 7 mendarat di sebelah kanan. Sang gelandang kembali mencetak gol melawan Korea Selatan. 

Pada 2019, ia mencetak salah satu gol Brasil dalam pertandingan persahabatan melawan tim Asia. Selain itu, masih ada waktu bagi Richarlison untuk memulai di sisi kanan dan menendang umpan silang, namun kiper bertahan. 

Babak Kedua

Brasil kembali tidak berubah untuk babak kedua. Dengan skor elastis yang dibangun di tahap pertama, tim Brasil memiliki postur yang lebih reaktif, berusaha memanfaatkan serangan balik, karena satu-satunya yang tersisa bagi Korea Selatan adalah melakukan semua atau tidak sama sekali. 

Raphinha nyaris menggandakan skor pada menit ke-54. Dia melakukan gerakan individu yang hebat di sisi kanan, menggiring bola pertahanan dan menendang umpan silang. 

Kiper diselamatkan. Dua menit kemudian, pemain nomor 11 melakukan tendangan bebas dan penghalang menjauh menjadi sepak pojok. 

Pada menit ke-17 babak kedua, Tite melakukan pergantian pertama di tim. Dani Alves masuk menggantikan Eder Militão. 

Alisson membuat pertahanan hebat lainnya dalam pertandingan tersebut, dengan finis kedua paling jelas untuk tim Asia dalam pertandingan tersebut. Tendangan menyebar nomor 1 dari jarak dekat. Bremer dan Martinelli masuk menggantikan Danilo dan Vini Jr. 

Pada menit ke-30, Korea mencetak gol melalui tendangan Paik dari luar kotak penalti. Bola dibelokkan dan menghilangkan peluang pertahanan kiper Alisson. Dua pergantian pemain lagi: Weverton dan Rodrygo memasuki permainan. 

Alisson dan Neymar pergi. Dalam beberapa menit terakhir, Dani Alves menerima umpan dari `Martinelli dan melepaskan tendangan voli yang indah, tetapi pertahanan berhasil memotongnya menjadi sepak pojok. 

Susunan Pemain

Brasil: Alisson (Weverton 80′); Danilo (Gleison Bremer 72′), Marquinhos, Thiago Silva, Eder Militao (Dani Alves 63′); Casemiro, Lucas Paqueta; Raphinha, Neymar (Rodrygo 80′), Vinicius Junior (Gabriel Martinelli 72′); Richarlison.

Korea Selatan: Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su (Hong Chul 46′); Hwang In-beom (Paik Seung-ho 65′), Jung Woo-young (Son Jun-ho 46′), Lee Jae-sung (Lee Kang-in 74′); Hwang Hee-chan, Cho Gue-sung (Hwang Ui-jo 80′), Son Heung-min.

(Arsa)

Back to top button