BMKG: Gempa M 5,1 Guncang Sumur, Pandeglang

BMKG: Gempa M 5,1 Guncang Sumur, Pandeglang

 

Metrobanten, Pandeglang –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperbaharui data gempa di Pandeglang, Banten, yang terjadi pada Jumat (26/2/2021) pukul 02.45 WIB dini hari.

Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resminya @infoBMKG. Gempa Sumur, Banten terjadi Jumat (26/2/2021) pukul 02.45 WIB.

Sebelumnya gempa tersebut diinformasikan berkekuatan magnitudo 5,1. Lalu BMKG memperbaharui data bahwa gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,0.

Baca juga: Pencairan Dana BST di Kabupaten Lebak Berjalan Lancar

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,0,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno melalui keterangan tertulis.

Bambang menjelaskan episenter gempa terletak pada koordinat 6,75 LS dan 105,6 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 54 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 60 km.

Baca juga: Polresta Tangerang Kaji Kitab Kuning, Bahas Fadilah Shalat Sunah Qobliah Subuh

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Lokasi gempa berada pada koordinat 6,76 lintas selatan (LS) dan 105,60 bujur timur (BT). Pusat gempa berada di kedalaman 40 kilometer.

BMKG menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Belum ada laporan korban ataupun kerusakan akibat gempa tersebu. (red)

Check Also

FSPP Banten Minta Diusut Tuntas Perkara Pemotongan Dana Hibah Pondok Pesantren

FSPP Banten Minta Diusut Tuntas Perkara Pemotongan Dana Hibah Pondok Pesantren

  Metrobanten, Serang – Ditangkapnya seorang pelaku korupsi pemotongan dana hibah Pondok Pesantren senilai Rp.117 ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup