Barito Putera Kalahkan Arema FC Dengan Skor 2-1 di Stadion Manahan

Barito Putera Kalahkan Arema FC Dengan Skor 2-1 di Stadion Manahan
Barito Putera Kalahkan Arema FC Dengan Skor 2-1

 

Piala Menpora – Barito Putera mengemas kemenangan saat melawan Arema FC pada laga kedua Grup A Piala Menpora 2021.  Duel Barito Putera vs Arema FC itu berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021), sore WIB. 

Barito Putera menang 2-1 berkat gol-gol Alif Jaelani (10′) dan Beni Okto (23′).  Sementara itu, satu gol balasan Arema FC dibukukan Feby Eka Putra pada menit ke-53. 

Jalannya pertandingan Barito Putera vs Arema FC Barito Putera unggul 2-0 atas Arema FC pada babak pertama.

Laskar Antasari, julukan Barito Putera, berhasil keluar dari tekanan Arema FC saat pertandingan memasuki menit ke-10. Gol diawali dari kesalahan kiper Arema, Teguh Amiruddin.

Maksud ingin memberikan bola ke rekannya di tengah lapangan, si kulit bundar justru jatuh di kaki Bissa Donald. Donald lalu melepaskan umpan ke depan yang langsung dieksekusi menjadi gol oleh Alif Jaelani pada menit ke-10.

Baca juga: PSIS Semarang Kalahkan Persikabo 1973 Dengan Skor 3-1 di Stadion Manahan

Barito Putera unggul sementara 1-0 atas Arema. Barito Putera kembali membobol gawang Singo Edan, julukan Arema FC, pada menit ke-23. Berawal dari serangan balik cepat, Beni Okto berlari dari sisi kiri penyerangan ke dalam kotak penalti.

Beni berhasil melewati dua pemain Arema FC sebelum menceploskan bola melalui sela-sela kaki Teguh Amiruddin.  Setelah water break, Arema FC nyaris mencetak gol menyusul blunder bek andalan Barito Putera, Cassio de Jesus.

Bola yang ia kuasai lepas dari kakinya dan kembali ke dalam kotak penalti timnya. Pada saat bersamaan ada Kushedya Hari Yudo yang siap mencuri bola. Namun, Muhammad Riyandi tampil gemilang dengan menutup kesalahan Cassio.

Riyandi langsung maju meninggalkan sarangnya untuk mengamankan bola dan mengagalkan peluang Arema FC. Pada babak kedua, Arema FC bermain dengan intensitas tinggi dan terus menekan skuad Laskar Antasari, julukan Barito Putera.

Baca juga: Inggris Bantai San Marino Dengan Skor 5-0 di Wembley Stadium

Upaya mereka baru berbuah manis pada menit ke-53 berkat gol Feby Eka Putra. Baca juga: Hasil Piala Menpora Persikabo Vs PSIS, Kado Indah untuk Panser Biru Memanfaatkan tendangan penjuru, Feby Eka Putra berputar sambil melepaskan tendangan ke gawang Barito Putera yang membuat Muhammad Riyandi tak berkutik.

Pada menit ke-66, peluang Barito Putera untuk mencetak gol ketiga sangat terbuka.  Kahar Kalu dari sebelah kanan kotak penalti melesatkan dua kali tendangan yang gagal berbuah gol.

Bola kemudian bisa dikuasai Alif Jaelani, tetapi tembakannya masih melebar di sisi kanan gawang Arema FC.  Arema FC mendapatkan peluang emas untuk menyeimbangkan kedudukan pada menit ke-73. 

Berawal dari serangan balik cepat, Kushedya Hari Yudo melakukan sprint ke dalam kotak penalti sebelum mengoper bola ke Dedik Setiawan yang tak terkawal di sisi kiri. 

Belum beruntung bagi Arema, Dedik Setiawan gagal memanfaatkan peluang emas tersebut.  Saat memasuki 10 menit terakhir pertandingan, Arema FC kembali mendapat peluang lewat situasi bola mati. 

Sempat terjadi kemelut di depan gawang Barito Putera dan bola terjatuh di kaki Feby Eka Putra. Namun, tembakan Feby gagal mengarah ke gawang. 

Dua menit sebelum waktu normal berakhir, Barito Putera lagi-lagi hampir memperlebar jarak keunggulan setelah Bayu Pradana melepaskan tembakan jarak jauh via kaki kanan. Namun, tendangannya hanya melebar dari target. 

Arema FC lantas mendapat keuntungan setelah diberikan hadiah penalti pada masa injury time, usai wasit menilai Bagas Kaffa melakukan pelanggaran terhadap Johan Alfarizie.  Akan tetapi, peluang emas tersebut mampu dipatahkan Muhammad Riyandi yang berhasil membaca arah tendangan sang eksekutor penalti, Bruno Smith. 

Sial bagi Arema, saat sedang dalam misi menyamakan kedudukan, mereka justru bermain dengan 10 pemain setelah Johan Alfarizie diganjar kartu merah. 

Barito Putera pada akhirnya berhasil memastikan kemenangan 2-1 atas Arema FC. 

Susunan pemain

Barito Putera (4-1-4-1): 1-Riyandi (PG); 66-Bagas, 89-Cassio, 85-Firli, 18-Rifky (14-Nazar 83′), 13-Bayu, 51-Alif, 71-Luthfi, 82-Beni (8-Rumbiak 56′), 7-Umanailo (17-Ferdiyansyah 66′), 24-Donald (72-Kahar Kalu 56′).

Pemain cadangan: 20-Adhitya, 5-Dandi, 2-Yudha, 14-Nazar, 3-Yuswanto, 8-Rumbiak, 15-M Rafi, 26-Rizky Pora, 17-Ferdiyansyah, 72-Kahar.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman.

Arema FC (4-1-2-3): 23-Amiruddin (PG), 95-Caio Ruan (92-Dave 52′), 5-Bagas Adi, 19-Hanif (8-Bruno 46′), 87-Alfarizi, 41-Dendi Santoso (33-Didik 74′), 14-Jayus (44-Ikhwan 52′), 17-Ferizal (12-Rizky Dwi 46′), 11-Feby Eka, 99-KH Yudo, 27-Dedik.

Pemain cadangan: 1-Utam, 33-Didik, 6-Alam, 44-Ikhwan, 35-M. Roby, 8-Bruno, 92-Dave, 24-Ricga, 12-Rizky Dwi, 88-Vikrian.

Pelatih: Kuncoro.

Check Also

FSPP Banten Minta Diusut Tuntas Perkara Pemotongan Dana Hibah Pondok Pesantren

FSPP Banten Minta Diusut Tuntas Perkara Pemotongan Dana Hibah Pondok Pesantren

  Metrobanten, Serang – Ditangkapnya seorang pelaku korupsi pemotongan dana hibah Pondok Pesantren senilai Rp.117 ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup