Bangun Mental Siswa Dalam Olahraga, Dinas Pendidikan Gelar O2SN

Metrobanten – Dinas Pendidikan Kota Tangerang gelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang di ikuti oleh ratusan siswa -siswi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Negeri dan Swasta se- Kota Tangerang.

Pembukaan Kegiatan Olimpiade dilaksanakan di Korwil IV pada Selasa (13/3/18) di Gelanggang Olahraga (GOR) Yadika Ciledug, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, yang akan diperlombakan selama dua hari dari 13-14 Maret 2018.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dilaksanakan, selain untuk mencetak mental generasi yang sportif, juga untuk menghasilkan pribadi yang bijak dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan.

“Melalui O2SN tidak sekedar mengejar juara, namun sejak dini kita latih pelajar terutama mentalnya, semakin banyak latihan dan bertanding akan semakin baik mentalnya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman.

Menurut Abduh, untuk menjadi juara Nasional para siswa harus menjadi juara terlebih  dulu di Banten. Kita harap melalui O2SN tersebut dapat melahirkan bibit atlet handal sehingga kita bisa mengirimkan atlet ke tingkat Provinsi dan dapat menjadi juara Nasional.

Sementara Kasi Peserta Didik SMP, Aat Gunardi mengatakan, ada 11 Cabang olahraga (Cabor)  yang biasa di ikut sertakan dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, namun untuk kali ini hanya 5 Cabor yang di perlombakan. Diantaranya, Cabor Bulutangkis, Cabor Karate, Cabor Atletik, Cabor Silat dan Cabor Renang.

“Kelimanya dilaksanakan ditempat yang berbeda, dan Olimpiade ini dibagi menjadi 4 Korwil,” ujar Aat saat ditemui di ruangannya.

Aat menuturkan, kegiatan O2SN ini meski tidak diwajibkan setiap sekolah ikut serta dalam Olimpiade, Dinas Pendidikan meminta kepada seluruh sekolah untuk mengirim salah satu atau lebih atlet semampu sekolah masing-masing.

“Karena memang ada beberapa sekolah yang kekurangan atlet dikarenakan siswanya sedikit,” jelasnya.

“Untuk setiap kegiatan lomba kesiswaan memang kami dari dinas memberikan surat edaran yang menghimbau kegiatan tersebut hendaknya dapat diikuti oleh setiap sekolah. Itu intinya, dan pada umumnya 90% sekolah ikut,” tukas Aat.

Aat menyampaikan bahwa, Olimpiade tingkat Korwil ini untuk menentukan peringkat 1 sampai dengan 8 untuk diberikan pembinaan dan akan di ikut sertakan dalam O2SN tingkat Kota yang akan di laksanakan pada bulan April mendatang.

“Dengan harapan Olimpiade ini dapat membina, mengembangkan bakat minat siswa terkait dengan pembangunan karakter para siswa. Kami memberikan wadah kepada para siswa yang berbakat di bidangnya masing-masing melalui perlombaan kesiswaan dan siswa di kota Tangerang bisa kembali meraih juara di tingkat Provinsi,” tutupnya. (adv)

Check Also

Kisah Zhang Yiming Pendiri TikTok Miliki Harta Rp.878 Triliun

Kisah Zhang Yiming Pendiri TikTok Miliki Harta Rp.878 Triliun

Zhang Yiming Pendiri TikTok   Gaya Hidup – Pendiri TikTok, Zhang Yiming berhasil membuat TikTok menjadi sensasi ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup