Tuesday , August 9 2022

ASUS Merilis Laptop Gaming ROG Zephyrus Duo 16 Menggunakan Dua Layar

ASUS Merilis Laptop Gaming ROG Zephyrus Duo 16 Menggunakan Dua Layar
ASUS Merilis Laptop Gaming ROG Zephyrus Duo 16 Menggunakan Dua Layar.

 

MetroBanten – Asus merilis laptop gaming terbarunya di Indonesia yakni ROG Zephyrus Duo 16 (GX650). Tak hanya dari spesifikasinya yang mumpuni, laptop gaming ini juga memiliki desain yang menarik.

Disebut menarik karena Asus ROG Zephyrus Duo 16 dibekali dengan layar ganda dan sistem pendingin khusus.

Kedua layar tersebut terdiri dari layar utama 16 inci dan layar sekunder 14 inci yang berada di atas keyboard.

Layar sekunder itu disebut berguna untuk berbagai skenario penggunaan, misalnya untuk mengakses aplikasi lain ketika gamer sedang bermain game di layar utama. Jadi ia tak perlu repot-repot menutup layar utama.

Sebagai bagian dari keluarga notebook gaming ASUS ROG, Duo 16 memiliki gaya agresif, meskipun sebagian besar kembang api hanya terlihat setelah Anda membuka tutupnya.

Dilansir dari Engadget.com, Pengaturan dual-panel ASUS adalah langkah berani untuk mengurangi kecemasan yang disebabkan oleh layar yang terbatas. Namun, itu datang dengan beberapa kelemahan. Karena ScreenPad Plus mendominasi bagian atas dek laptop, ASUS terpaksa menggeser touchpad di pojok kanan bawah.

Dan berukuran lebarnya hampir tidak lebih dari dua inci, segala sesuatunya pasti bisa terasa sempit. Kemudian Anda memperhitungkan tombol panah setengah ukuran, pintasan, dan kontrol media, dan ada banyak ruang yang tidak banyak.

Konon, ASUS melakukan yang terbaik untuk memanfaatkan area tersebut, dengan touchpad yang berfungsi ganda sebagai papan angka. Yang harus Anda lakukan adalah mengetuk ikon bayangan di kiri atas sebentar, dan voila.

Namun, tidak ada yang menyembunyikan sasis Duo 16 yang agak besar, yang beratnya lebih dari 5,5 pon dan tebal 0,8 inci.

Dimensi ini tepat di tepi untuk dapat masuk ke dalam tas laptop biasa, jadi siapa pun yang berencana membeli Duo 16 ingin memastikan tas pilihan mereka memiliki banyak ruang.

Sisi baiknya, ASUS memiliki banyak ruang untuk jumlah port yang sehat, termasuk dua USB-A, dua USB-C, HDMI 2.1, pembaca kartu microSD, dan bahkan jack Ethernet ukuran penuh.

Satu-satunya keluhan saya adalah karena engsel ScreenPad yang rumit, lokasi colokan listrik eksklusif di sisi kirinya bisa agak canggung. Saya benar-benar berharap mereka telah menemukan ruang untuk itu di suatu tempat di belakang.

Tampilan

Layar utama 16 inci menampilkan waktu respons tiga milidetik yang cepat. Pada model kelas atas seperti unit ulasan seharga $4.000, Anda bahkan mendapatkan panel LED mini yang menghasilkan kecerahan 700 nits yang mengesankan.

Dan itu berasal dari layar dengan lapisan matte, yang biasanya menurunkan output cahaya dengan sentuhan. Sementara itu, berkat gamut warna yang diklaim ASUS mencakup 100 persen spektrum DCI-P3, tampilan utama Duo 16 sama bagusnya dalam memompa warna-warna cerah dalam game karena mereplikasi warna yang akurat di Photoshop.

Namun, trik nyata laptop ini adalah ScreenPad Plus 14 inci, yang mendukung sentuhan dan menawarkan resolusi 1950 x 550 pada model dasar, atau 3840 x 1100 piksel pada konfigurasi yang ditingkatkan.

ScreenPad unit peninjau kami mencatat 300 nits pada lightmeter kami, yang hampir tidak seterang layar utama, tetapi cukup baik.

Untuk memaksimalkan penggunaan layar sekundernya, ASUS mengemas ScreenPad Plus dengan banyak fitur bagus termasuk pintasan ke pengaturan kinerja dan pencahayaan, tata letak jendela yang dapat disesuaikan, dan kemampuan untuk mencerminkan layar ponsel Anda, meskipun yang terakhir bisa menjadi sedikit jenaka.

 BACA JUGA: YouTube Akan Menghapus Video Metode Aborsi yang Tidak Aman

Heck, bahkan ada alat numpad sekunder, jika yang ada di touchpad tidak cukup. Dan pada Duo 16, ASUS meningkatkan engsel ScreenPad sehingga bersandar pada sudut yang lebih curam saat dibuka, yang meningkatkan ergonomi dan pendinginan.

Sekarang semua itu bagus, tetapi bagi saya, penggunaan terbaik dari ScreenPad Plus hanyalah menyediakan ruang ekstra untuk media sosial, layanan video streaming, atau apa pun yang ingin Anda lihat, sambil menjaga aplikasi saya yang paling penting tetap teratas.

Saat saya bermain game, layar utama adalah tempat aksi, sementara Discord dan YouTube terbuka di bawah sangat bagus untuk mengobrol dengan teman dan tetap terhibur selama memuat layar.

Dan jika saya bekerja, ScreenPad sangat cocok untuk hal-hal seperti Slack yang tidak memerlukan perhatian terus-menerus.

Juga, karena ScreenPad Plus dikonfigurasi di Windows sebagai tampilan umum, itu berarti Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk memindahkan aplikasi dengan cepat dari tampilan utama ke layar sekunder atau menjepitnya ke samping sesuai kebutuhan.

Apakah sebagus memiliki monitor kedua penuh? Tidak, tapi itu cukup untuk membuat segalanya jauh lebih nyaman.

Kamera web dan suara

Duo 16 memudahkan untuk masuk menggunakan pengenalan wajah dengan webcam 720 dan dukungan Windows Hello.

Sayangnya, kualitas gambar biasa-biasa saja, dan seperti yang saya katakan sebelumnya, 1080p harus menjadi dasar untuk semua laptop modern — terutama yang mahal ini.

Untungnya, Duo 16 menawarkan pengaturan enam speaker yang kuat dengan dukungan untuk Dolby Atmos, sehingga Anda mendapatkan mode kinerja dalam game yang berfokus pada memberikan suara terarah yang akurat, bersama dengan sekelompok EQ cerdas dan preset untuk film dan musik.

BACA JUGA: Facebook Lakukan Ujicoba Pengguna Punya Lima Profil untuk Satu Akun

Anda bahkan memiliki kemampuan untuk membuat profil audio khusus, saya berharap Duo 16 menawarkan sedikit lebih banyak suara low-end.

Sementara basis Duo 16 hanya dilengkapi dengan GPU NVIDIA RTX 3060, unit ulasan kami yang terisi penuh menampilkan chip AMD Ryzen 9 6900HX dan kartu grafis RTX 3080 Ti, belum lagi RAM 32GB dan SSD 2TB.

Jadi mungkin tidak akan mengejutkan ketika saya memberi tahu Anda bahwa ini pada dasarnya adalah laptop tercepat yang kami uji tahun ini. Ini mencatat skor tertinggi dalam tes komputasi Geekbench 5, TimeSpy Extreme 3DMark dan banyak lagi.

Tentu saja, kinerja gaming Duo 16 juga agak kuat, mencapai 145 fps di Shadow of the Tomb Raider pada pengaturan tertinggi dan 85 fps di Metro Exodus pada tinggi.

Dan itu dengan kedua game yang berjalan pada 2560 x 1600. Jadi, satu-satunya faktor pembatas mengenai kinerja adalah seberapa banyak Anda bersedia membayar untuk komponen kelas atas.

Harga laptop gaming Asus ROG Zephyrus Duo 16 ROG Zephyrus Duo 16 sudah tersedia di Indonesia dan dapat dimiliki dengan harga berikut:

  • Rp 39.999.000 (Ryzen 7/RTX 3060/FHD+ 165Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)
  • Rp 41.999.000 (Ryzen 9/RTX 3060/FHD+ 165Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)
  • Rp 59.999.000 (Ryzen 9/RTX 3070Ti/Nebula HDR WQXGA 165Hz/2x16GB RAM/1TB SSD)
  • Rp 76.999.000 (Ryzen 9/RTX 3080Ti/Nebula HDR WQXGA 165Hz/2x16GB RAM/2TB SSD)

(Arsa)

Check Also

Walikota Arief dan Istri Kompak Ikuti Acara Marandang dan Teh Talua

Walikota Arief dan Istri Kompak Ikuti Acara Marandang dan Teh Talua

  MetroBanten – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama istri Aini Suci Wismansyah ikut ...

www.metrobanten.co.id | Informasi Faktual & Gaya Hidup